PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENGGUNAAN BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TENAYAN RAYA

Penulis

  • Anastasya Shinta Yuliana
  • Frigita Selly Aditya
  • Hanna Zarah Natasya
  • Annisa Nurulisah

Kata Kunci:

BPJS, Pentingnya Penggunaan BPJS, Penyuluhan, Persepsi

Abstrak

Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh  BPJS termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan  telah membayar iuran. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum  yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan mulai opersional pada  tanggal 1 Januari 2014. Ketidakpahaman masyarakat terhadap penggunaan BPJS dan alur  pendaftaran BPJS menjadi tantangan persepsi penyuluhan. Pada Artikel ini penulis  menguraikan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat yang telah dilakukan untuk  meningkatkan pemahaman masyarakat tentang BPJS. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan di  Masjid Basyirul Amin, Kecamatan Kulim yang dihadiri oleh masyarakat wilayah kerja  Puskesmas Tenayan Raya pada hari senin, 03 Mei 2021 jam 16.30 WIB dan berakhir 17.00  WIB menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Persepsi masyarakat mengenai  penggunaan BPJS sangat sulit di akses oleh masyarakat menengah kebawah dan masyarakat  mengganggap alur pendaftaran BPJS sangat sulit dipahami. Adapun hasil dari kegiatan  masyarakat dengan ini, masyarakat mulai memahami tentang pentingnya penggunaan BPJS  serta pengetahuan alur pendaftaran BPJS yang tidak sesulit masyarakat bayangkan sehingga  masyarakat dapat memanfaat BPJS dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-05