PENYULUHAN TENTANG ALUR PELAYANAN DI RUMAH SAKIT SERTA PROTOKOL KESEHATAN BAGI PASIEN YANG DITERAPKAN DI RUMAH SAKIT TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v2i2.112Kata Kunci:
Alur Pelayanan Rumah Sakit, Protokol Kesehatan, Pandemi Covid – 19Abstrak
Pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu di Rumah Sakit telah menjadi harapan dan tujuan utama dari masyarakat/pasien, petugas kesehatan, pengelola dan pemilik rumah sakit serta regulator. Pelayanan yang diterapkan di rumah sakit pada masa pandemi Covid – 19 ini disebut dengan pelayanan rumah sakit pada masa adaptasi kebiasaan baru. Pada artikel ini penulis menguraikan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang alur pelayanan berobat di rumah sakit serta protokol kesehatan yang diterapkan di rumah sakit selama masa pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di RW 002 Kelurahan Kulim, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan menggunakan metode penampilan gambar bagan alur pelayanan di rumah sakit, ceramah, hingga diskusi dan Tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan masyarakat ini, masyarakat telah memahami bagaimana alur pelayanan berobat secara umum di rumah sakit. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pedoman panduan yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengenai panduan teknis pelayanan rumah sakit pada masa adaptasi kebiasaan baru. Kegiatan ini juga dapat memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat mengenai alur pelayanan serta protokol kesehatan bagi pasien di rumah sakit.