PENYULUHAN TENTANG PELAYANAN PROGRAM RUJUK BALIK (PRB) BPJS KESEHATAN

Penulis

  • Abdul Zaky STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Marido Bisra STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Atika Wulandari stikes awal bros pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/abjcd.v2i2.113

Kata Kunci:

BPJS Kesehatan, Program Rujuk Balik (PRB), Pelayanan, Kecamatan Kulim

Abstrak

BPJS Kesehatan adalah salah satu program kesehatan yang di fasilitasi oleh pemerintah. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi seluruh peserta, BPJS kesehatan telah menawarkan program pelayanan yang dinamakan program rujuk balik (PRB). Besarnya ketidakpahaman masyarakat terhadap program tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi petugas pelayanan BPJS Kesehatan dan pemerintah. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program tersebut. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan di RW 1 Kelurahan Kulim, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, dalam rangka membantu tugas pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan bertujuan utnuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program rujuk balik (PRB). Metode kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan penyebaran brosur, pemberian ceramah oleh narasumber, diskusi dan tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan masyarakat ini, masyarakat telah memahami apa itu program rujuk balik (PRB) dan bagaimana untuk mendapatkan program rujukĀ  balik tersebut. Adapun evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dilakukan melalui forum diskusi bersama pimpinan kelurahan dan kecamatan kulim. Pada kegiatan evaluasi tersebut pimpinan kelurahan dan kecamatan menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2021