PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENGGUNAAN BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TENAYAN RAYA
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v3i1.126Kata Kunci:
BPJS, Pentingnnya pengunaan BPJS, Penyuluhan, PersepsiAbstrak
Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iuran. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan mulai opersional pada tanggal 1 Januari 2014. Ketidakpahaman masyarakat terhadap penggunaan BPJS dan alur pendaftaran BPJS menjadi tantangan persepsi penyuluhan. Pada Artikel ini penulis menguraikan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat yang telah dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang BPJS. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan di Masjid Basyirul Amin, Kecamatan Kulim yang dihadiri oleh masyarakat wilayah kerja Puskesmas Tenayan Raya pada hari minggu, 13 November 2021 jam 16.30 WIB dan berakhir 17.00 WIB menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Persepsi masyarakat mengenai penggunaan BPJS sangat sulit di akses oleh masyarakat menengah kebawah dan masyarakat mengganggap alur pendaftaran BPJS sangat sulit dipahami. Adapun hasil dari kegiatan masyarakat dengan ini, masyarakat mulai memahami tentang pentingnya penggunaan BPJS serta pengetahuan alur pendaftaran BPJS yang tidak sesulit masyarakat bayangkan sehingga masyarakat dapat memanfaat BPJS dengan baik.