PERANAN PENYULUHAN TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT BEROBAT KE PUSKESMAS TENAYAN RAYA

Penulis

  • R. Sri Ayu Indrapuri
  • Anastasya Shinta Yuliana
  • indah jailani STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • hafizah

DOI:

https://doi.org/10.54973/abjcd.v2i2.133

Kata Kunci:

Puskesmas, Peranan Penyuluhan, Persepsi Masyarakat

Abstrak

Kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas penting yang selalu diperhatikan oleh pemerintah. Bukan tanpa alasan, tingkat kesehatan masyarakat yang baik tentu akan memberikan pengaruh positif pada kehidupan yang sejahtera. Di mana masyarakat yang sehat dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Salah satu untuk mendukung kesehatan yang optimal maka diperlukan pelayanan kesehatan salah satunya Puskesmas. Adapun persepsi masyarakat tentang puskesmas  yaitu masih ada masyarakat yang belum paham bahwa pentingnya berobat ke Puskesmas Permasalahan yang dihadapi pada saat sekarang adalah sikap yang kurang tanggap dengan pasien, keramahan yang kurang dari pemberian pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga masyarakat merasa kurang puas setiap berobat ke Puskesmas. Hal ini ditandai oleh banyaknya keluhan dari masyarakat baik dari pelayanan kesehatan maupun sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas dan juga terdapat keluhan masyarakat mengenai tidak sembuhnya penyakit yang diderita  sehingga mereka tidak mau berobat ke Puskesmas dan memilih alternative lain. Kegiatan ini dilakukan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 13 November 2021 di wilayah masyarakat RW 004 Kelurahan Kulim, Kecamatan Kulim. Menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan penyuluhan ini masyarakat telah mampu memahami dan merubah persepsi masyarakat terkait pentingnya berobat ke puskesmas. Dan masyarakat juga  cukup memahami betapa pentingnya berobat ke puskemas serta ingin kembali berobat ke Puskesmas tanpa ada rasa khawatir.

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2021