EFEK RADIASI GADGET TERHADAP PRETASI BELAJAR DI SMK KESEHATAN PRO-SKILL INDONESIA

Penulis

  • Marido Bisra Universitas Awal Bros
  • Bobi Handoko Universitas Awal Bros
  • Afifah Cahayani Adha Universitas Awal Bros
  • Shelly Angella Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/abjcd.v4i1.315

Kata Kunci:

Radiasi, Gadget, Pusing, Mual, Mengantuk

Abstrak

Radiasi adalah pemancar dan kerambatan gelombang yang membawa tenaga lewat ruang atau zat antara Dalam ilmu fisika, radiasi bisa diartikan sebagai proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Gadget sebagai sebuah alat elektronik dalam berkomunikasi dan mengakses informasi sangat berkembang pesat. Penggunaan gadget untuk para siswa sangat dibutuhkan dengan tujuan untuk menunjang pembelajaran mereka terutama pada masa pandemi covid-19 kemarin. Beberapa contoh penggunaan gadget sebagai media pembelajaran seperti aplikasi zoom, gmeet, ruang guru, zenius dan lain sebagainya. Selain digunakan untuk belajar, gadget juga digunakan siswa untuk bermain game online ataupun membuka media sosial seperti Instagram, Whatsup, TikTok, Youtube dan lain-lain. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui efek radiasi gadget terhadap prestasi belajar pada siswa. Pengabdian masyarakat ini adalah pengabdian masyarakat Kuantitatif dengan pendekatan survey, sampel diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan sampel sebanyak 30 orang responden. Instrument yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas,uji autikolerasi,uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dengan menggunakan analis regresi  dengan nilai signifikan yaitu  0.05 atau 5 %.

Unduhan

Diterbitkan

13-07-2023