PENINGKATAN KEMAMPUAN BUM DESA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN PELAPORAN KEUANGAN BUM DESA DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU, PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v4i2.391Kata Kunci:
analisis laporan keuangan, pelaporan keuangan, BUM Desa, manajemen keuanganAbstrak
Salah satu terobosan yang dilakukan guna menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian di pedesaan, yaitu melalui pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Di Provinsi Riau, seluruh desa yang ada di Riau telah memiliki BUM Desa yaitu sebanyak 1.591 desa. Kemudian, di Kabupaten Indragiri Hulu sudah memiliki BUM Desa dengan jumlah keseluruhan 178 unit BUM Desa, dengan kondisi yang terdiri dari BUM Desa Perintis 54 BUM Desa, Tumbuh 88 BUM Desa, Berkembang 23 BUM Desa dan Maju 12 BUM Desa. Dengan kondisi demikian, BUM Desa di Indragiri Hulu masih harus terus berusaha agar jumlah BUM Desa berkembang dan maju meningkat. Salah satunya dengan pengelolaan manajemen pelaporan keuangan yang baik. Adapun tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu berupa pelatihan manajemen pelaporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang berada di Kabupaten Indragiri Hulu adalah untuk memberikan pengetahuan dalam bentuk pelatihan manajemen pelaporan keuangan BUM Desa. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut di atas, maka pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dengan beberapa metode, yaitu sebagai berikut yaitu pre-test, ceramah, dialog, dan post-test. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2023 di Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah Pelaksana Operasional BUM Desa yaitu 25 orang Pelaksana Operasional dari 25 BUM Desa di Kabupaten Indragiri Hulu. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan bahwa pelaksana operasional BUM Desa menjadi lebih paham dalam Manajemen Pelaporan Keuangan BUM Desa setelah dilakukannya pemaparan, dialog diskusi dan simulasi oleh Tim pelaksana pengabdian.