PENGEMBANGAN KERATIVITAS SISWA/I DAN GURU SDN 32 TIGO SUKU PANINJAUAN, DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KALENG-KALENG BEKAS SEBAGAI APRESIASI DAN KREASI DALAM SENI RUPA

Penulis

  • Intan Tursina Universitas Awal Bros
  • Puti Andam Dewi
  • Alfitri Yana Yunita Universitas Awal Bros
  • Della Oktavinoarti Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/abjcd.v5i1.485

Kata Kunci:

Kaleng Bekas, Kreativitas Siswa/i dan Guru, Seni Rupa, Gambar dan Mewarnai

Abstrak

Pendidikan seni rupa di sekolah merupakan media pengembangan bakat, pengembangan berpikir dan pengembangan kretifitas, untuk itu para siswa/i yang tidak hanya memahami seni itu apa melainkan bagaimana penerapannya. Pendidikan seni adalah adalah salah satu elemen yang memperhalus karakteristik seseorang. Dilandasi kenyataan tersebut penting artinya memberikan apresiasi melalui pendidikan seni rupa khususnya menggambar dan mewarnai bagi siswa/i dan guru dengan memanfaatkan media kaleng-kaleng bekas. Langkah pertama yang dilakukan dalam kegiatan pengembangan melukis kreativitas adalah menjelaskan pengertian seni rupa dan pembagiannya, kemudian pengenalan tentang teknik-teknik dalam menggambar dan mewarnai. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan beberapa metode di antaranya ceramah, demontrasi, dan tanya jawab, latihan, dan penugasan.

Diberikannya pelatihan pengembangan kreatifitas melukis pada siswa/i dan guru SDN 32 Tigo Suku Paninjauan dengan memanfaatkan media kaleng-kaleng bekas ini, siswa dan guru dapat melakukan berbagai bentuk karya seni rupa gambar dan mewarnai seperti tempat pensil, tempat celengan, tempat sampah, tempat tissu dan lain-lain. Di samping sebagai media pembelajaran, pelatihan pengembangan kretivitas ini jika ditekuni tentu menjadi peluang usaha bagi guru dan murid di luar sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-12