PELATIHAN E-COMMERCE DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SPAREPART MENGGUNAKAN LARAVEL FRAMEWORK BAGI SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v5i2.612Kata Kunci:
e-commerce, Laravel, inventory probabilistik, spare part, SMKAbstrak
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah sistem perdagangan tradisional menjadi perdagangan berbasis digital. Salah satu aspek penting dalam e-commerce adalah pengelolaan persediaan barang yang efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SMK Labor Kota Pekanbaru dalam membangun sistem e-commerce sekaligus memahami konsep pengendalian persediaan menggunakan metode inventory probabilistik. Pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, praktik langsung, dan diskusi interaktif dengan menggunakan PHP Framework Laravel. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap pengembangan aplikasi e-commerce dan pentingnya pengelolaan stok barang secara efektif. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan teknis siswa, mempersiapkan mereka untuk dunia kerja berbasis digital, serta mendorong munculnya inovasi bisnis berbasis teknologi di kalangan generasi muda.
Referensi
Laudon KC, Traver CG. E-commerce: business, technology, society. 16th ed. Boston: Pearson; 2021.
Chopra S, Meindl P. Supply chain management: strategy, planning, and operation. 7th ed. Boston: Pearson; 2019.
Turban E, King D, Lee J, Liang TP, Turban DC. Electronic commerce: a managerial and social networks perspective. Springer; 2015.
Sanders NR. Supply Chain Management: A Global Perspective. Hoboken: Wiley; 2020.
Nahmias S, Olsen TL. Production and operations analysis. 7th ed. Long Grove: Waveland Press; 2015.
Kominfo RI. Indeks literasi digital Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika; 2021.
Badan Pusat Statistik. Statistik pendidikan Indonesia 2022. Jakarta: BPS; 2022.
Porter ME, Heppelmann JE. How smart, connected products are transforming competition. Harv Bus Rev. 2014;92(11):64–88.
OECD. The future of education and skills: Education 2030. Paris: OECD Publishing; 2018.
Damsgaard J, Lyytinen K. Contours of mobile information society. Springer; 2009.