ALUR PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PUSKSEMAS SEI PANAS
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v6i2.709Kata Kunci:
Pendaftaran, Rawat Jalan, PuskesmasAbstrak
Kegiatan pelayanan dimulai dari proses pendaftaran pasien melalui mesin e-Antrian dan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Prosedur pendaftaran pasien di bagian rawat jalan terbagi menjadi pasien baru dan pasien lama. Prosedur yang terstruktur dapat mengurangi potensi terhambatnya proses pendaftaran, sehingga akan mempercepat alur pelayanan dan dapat meningkatkan kepuasan pasien. Proses pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Sei Panas telah berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan, dengan adanya sistem e-Antrian yang mempermudah pendaftaran pasien. Namun, dari hasil observasi di Puskesmas Sei Panas menunjukkan adanya pasien yang tidak membawa identitas diri, sehingga menyebabkan hambatan dalam proses pendaftaran pasien rawat jalan. Hal ini akan berdampak pada kurangnya efektivitas pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Sei Panas. Beberapa kendala tersebut meliputi Pasien yang tidak membawa identitas diri (KTP / KK / BPJS / KIA) saat mendaftar untuk berobat. Karena beberapa kendala tersebut, maka kami melakukan sosialisasi kepada pasien agar membawa identitas diri sebelum datang ke puskesmas. Sehingga tidak menghambat petugas dalam melakukan proses pendaftaran.
Unduhan
Referensi
Achmad, H., Mazidatus, L., Nabiilah, A., & Fitriana, N. (2023). Analisis Faktor Keberhasilan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) di Indonesia: Systematics Literature Review. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 153–166. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.497
Amin, M., Setyonugroho, W., & Hidayah, N. (2021). ImPujihastuti. (2010). Isti Pujihastuti Abstract. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian, 2(1), 43–56.plementasi Rekam Medik Elektronik: Sebuah Studi Kualitatif. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 430–442.
Asih, H. A., & Indrayadi. (2023). Perkembangan Rekam Medis Elektronik di Indonesia: Literature Review Research On Electronic Medical Records in Indonesia: Literature Review. Jurnalpromotif Preventif, 6(1), 182–198. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Darwis, A. A. P., Yulia, N., Siswati, & Widjaya, L. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Pendaftaran Rawat Jalan Dipuskesmas Ciputat Timur Tangerang Selatan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1 No 10(10), 1355–1362.
Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22
Nggode, M. R., & Ardan, M. (2024). Analisis Hambatan Dalam Implementasi Layanan E-Puskesmas Di Puskesmas Wonorejo Kota Samarinda Melalui Analisis Fishbone. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2825–2830. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3381
Permenkes RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006.
Permenkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 1–19.
Ramdani, D. (2024). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (ePuskesmas) dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Puskesmas Gununghalu. Jurnal Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 6681(7), 1–109.
Suary, S. I., & Yunengsih, Y. (2024). Gambaran Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Di UPTD Puskesmas Lawang Gintung Kota Bogor. Jurnal Media Informatika, 6(1), 260–266. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin/article/view/3953