PENYULUHAN TENTANG ALUR PELAYANAN BEROBAT DI RUMAH SAKIT KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN PEBATUAN KECAMATAN TENAYAN RAYA TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v2i1.97Kata Kunci:
service flow, outpatient, inpatientAbstrak
Sebagian besar dari masyarakat kelurahan pebatuan masih banyak yang kebingungan terkait alur pelayanan yang ada di rumah sakit dikarenakan kurangnya informasi terkait hal tersebut. Hal ini menyebabkan beberapa kalangan masyarakat malas berobat ke rumah sakit dengan alasan prosesnya susah dan lainnya. Maka dari itu diadakannya kegiatan penyuluhan terkait alur pelayanan yang ada di rumah sakit mulai dari pasien masuk, kemudian pendaftaran, tindakan, rawat inap atau rawat jalan, apotik, kasir sampai pasien pulang. Metode pengabdian ke masyarakat yaitu dengan membagikan brosur, ceramah, dan diskusi serta satnya jawab. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di kelurahan pebatuan kecamatan tenayan raya, dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 24 februari 2021. Pelaksanaan dimulai dari pembukaan dan salam dari pembawa acara, selanjutnya pemberian materi o;eh narasumber, sesi Tanya jawab dan diskusi kemudian ditutup dengan mengucapkan salam. Pengabdian masyarakat ini penting bagi masyarakat untuk memberikan informasi yang jelas terkait alur pelayanan yang ada di rumah sakit, serta penting bagi masyarakat yang adat budaya nya masih kental.