EFEKTIFITAS KOMUNIKASI RADIOGRAFER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PADA PASIEN PEMERIKSAAN KONTRAS KONVENSIONAL DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

Penulis

  • Agus Salim STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Sindi Amelia STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Annisa STIKes Awal Bros Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jsabp.v2i2.149

Kata Kunci:

Efektivitas Komunikasi Radiografer, Kepuasan Pasien

Abstrak

Efektivitas komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan karena merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Dalam pemeriksaan kontras konvensional, diperlukan komunikasi yang efektif untuk menjelaskan berbagai prosedur, manfaat, risiko, dan persiapan pemeriksaan. Berdasarkan survei terhadap 20 pasien dan keluarganya melalui wawancara di Instalasi Radiologi RS Arifin Achmad Provinsi Riau, terdapat 13 orang diantaranya yang mengeluhkan ketidakpuasan terhadap komunikasi yang dilakukan petugas radiologi, karena merasa kurang memahami petunjuk dan penjelasan yang diberikan, penjelasan kurang terstruktur, dan masih ada komponen yang tidak dijelaskan sebelum pemeriksaan dan masih ada bahasa yang sulit dipahami pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi radiografer terhadap tingkat kepuasan pasien pemeriksaan kontras konvensional di Instalasi Radiologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil survei dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 20 responden yaitu pasien atau keluarganya yang melakukan kontras konvensional pemeriksaan di Instalasi Radiologi RS Arifin Achmad Provinsi Riau. Kemudian data hasil kuisioner diolah dengan menggunakan rumus Index % untuk mengetahui tingkat kepuasan. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2021. Efektivitas komunikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu rasa hormat, empati, audible, kejelasan, dan kerendahan hati. Dalam penelitian ini, hasil setiap indikator pertanyaan menunjukkan bahwa respek mendapat presentasi sebesar 58% dengan kategori cukup puas, indikator empati mendapat presentasi 71% dengan kategori puas, indikator audible mendapat presentasi 78% dalam kategori puas. kategori puas, indikator kejelasan mendapat presentasi 75% dalam kategori puas, dan indikator rendah hati mendapat presentasi 75% dalam kategori puas. Sedangkan penyajian terendah terdapat pada indikator rasa hormat, yaitu 58% pada kategori cukup puas, dan penyajian tertinggi terdapat pada indikator terdengar, yaitu 78% pada kategori puas. Keefektifan komunikasi radiografer terhadap tingkat kepuasan pasien pemeriksaan kontras konvensional di Instalasi Radiologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mendapatkan presentasi tingkat kepuasan sebesar 71% sehingga interpretasi dikategorikan puas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-27