ANALISIS KUALITAS PELAYANAN VAKSINISASI ANAK OLEH ORANG TUA DI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.54973/jsabp.v3i1.151Kata Kunci:
KANO, Child vaccination, ServiceAbstrak
Kualitas pelayanan adalah bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan. apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan,maka kualitas pelayanan di persepsikan baik dan memuaskan oleh pasien. Tujuan utama vaksin adalah pembentukan herd immunity. Anak-anak maupun remaja juga termasuk kelompok yang rentan terkena Covid-19. Adanya mutasi Covid-19 varian delta menyebabkan tingkat risiko penularan Covid-19 meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pelayanan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak di Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif metode model kano. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner,dan wawancara. Hasil penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan vaksinasi COVID-19 pada anak di Pekanbaru berdasarkan dimensi-dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Kemudian mengidentifikasi atribut apa saja yang harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitas pelayanannya. Sebagian besar Terdapat kendala dalam proses pelayanan vaksinasi yaitu kurangnya kecepatan dan ketepatan pelayanan vaksin oleh petugas maka dari itu akibat yang terjadi kerumunan antrian yang panjang dan membuat suhu ruangan yang tidak nyaman.