ANALISIS KUALITAS PELAYANAN VAKSIN GRATIS DI PEKANBARU

Penulis

  • Anastasya Shinta Yuliana STIKES Awal Bros Pekanbaru
  • Aisya Putri Hariantika Stikes Awal Bros Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jsabp.v3i1.154

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Diagram Kano, Vaksinisasi

Abstrak

Abstrak

Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang. Pelayanan Kesehatan menjadi tanggung jawab besar bagi Pemerintah Daerah untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, selain itu pelayanan kesehatan yang tidak berbelit-belit memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pelayanan. Namun, di berbagai lokasi tersebut pelayanan vaksin Covid-19 memiliki kendala pendataan penjadwalan dan tahapan yang rumit dari pusat disebabkan pendataan jadwal dan tahapan yang diakses secara online menyulitkan proses pelayanan apabila data penerima vaksin yang ada belum diperbaruhi, sehingga mengharuskan untuk pendataan ulang dan menyebabkan kerumunan antrian yang  Panjang saat proses pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pelayanan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 gratis di Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan  kuantitatif  metode  model  kano.  Teknik  pengumpulan  data  dengan  melakukan penyebaran  kuesioner,dan  wawancara.  Hasil  penelitian  ini  menganalisis  kualitas  pelayanan vaksinasi COVID-19 gratis di Pekanbaru berdasarkan dimensi-dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Kemudian mengidentifikasi atribut apa saja yang harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitas pelayanannya. Sebagian besar Terdapat kendala dalam proses pelayanan vaksinasi yaitu kurangnya ketepatan waktu pelayanan (misalnya, buka pelayanan jam 08.00 WIB) maka dari itu akibat yang terjadi kerumunan antrian yang panjang dan membuat suhu ruangan yang tidak nyaman. Kualitas pelayanan vaksin secara gratis di Pekanbaru memuaskan dari sisi fasilitas, pelayanan, dan sumber daya serta perlu diupayakan penjadwalan dan pendataan yang lebih teratur untuk mengatasi kendala proses pelayanan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-28