ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN METODE HYBRID BAGI MAHASISWA KESEHATAN DI KOTA PEKANBARU

Penulis

  • R. Sri Ayu Indrapuri Universitas Awal Bros
  • Ulfa Maulidi Arkan Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jsabp.v3i1.160

Kata Kunci:

Mahasiswa Kesehatan, Pembelajaran Hybrid, Covid-19

Abstrak

Covid-19 menyebar sangat cepat di Indonesia hingga hampir ke seluruh negara dan membuat beberapa negara lockdwon termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia melakukan kebijakan tegas untuk meminimalisir penyebar covid-19 dengan menerapkan physical distancing. Pemerintah daerah pun memutar otak agar pendidikan dapat berjalan dengan baik. Sistem Pendidikan Pekanbaru telah menerapkan pembelajaran secara hybrid learning untuk mengatasi masalah ini.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Kesehatan di Kota Pekanbaru.Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan jawaban responden terdapat 2 atribut yaitu, Indefferent(Atribut yang ada atau tidaknya tidak berpengaruh terhadap kepuasan Mahasiswa) sebanyak 13 indikator, dan yang kedua adalah Reverse (Tingkat Kepuasan berbanding terbalik dengan hasil kinerja) sebanyak 2 indikator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penilaian Mahasiswa Kesehatan di Kota Pekanbaru tentang pelaksanaan metode pembelajaran Hybrid. Model penelitian yang digunakan adalah model Kano, Berdasarkan hasil pengumpulan, pengolahan dan analisa data yang telah dilakukan, tidak ada indikator yang harus diperbaiki ataupun dipertahankan. Selanjutnya, meskipun tidak ada indikator yang bersifat must-be (yang harus dipenuhi), pelaksaan metode pembelajaran hybrid juga perlu peningkatan dan perbaikan tertentu pada beberapa indikator, agar kepuasan mahasiswa kesehatan dalam pelaksanaan metode pembelajaran Hybrid semakin meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-28