ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DESA PERAWANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.54973/jsabp.v3i1.165Kata Kunci:
Analisis, Kualitas pelayanan, BPJS, Online, Covid-19Abstrak
Pandemi Covid-19 yang terjadi diseluruh negara termasuk Indonesia, membuat BPJS Kesehatan harus beradaptasi dengan pola layanan baru yang benar-benar memperhatikan protokol kesehatan tanpa mengurangi kualitas pelayanan. Dengan itu Pendaftaran anggota BPJS kesehatan bisa dilakukan secara online dengan demikian pihak penyedia jasa harus mampu memberikan perhatian penuh pada kualitas pelayanan. Persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa. Website BPJS merupakan salah satu alternatif paling efektif yang saat ini bisa dijalankan oleh BPJS Kesehatan untuk tetap bisa melayani dalam kondisi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran online BPJS Kesehatan pada masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Dengan
menggunakan Metode model Kano. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak indikator yang ber kategori One-dimensional, Di harapkan kepada BPJS Kesehatan untuk mempertahankan kepuasan pengguna berdasarkan fungsi atribut,Penelitian ini dapat ditingkatkan, dipertahankan dan diperbaikan agar kepuasan peserta pendaftaran online BPJS Kesehatan semakin meningkat. Jadi berdasarkan hasil integrasi, tidak ada indikator yang bersifat urgent untuk diperbaiki ataupun dipertahankan, karena dengan kondisi saat ini yang masih dalam dampak pandemi maka, pendaftaran BPJS Kesehatan tetap masih dalam online, karna dengan dilakukan secara online kita juga bisa menetralisirkan virus dan tidak perlu mengurus dengan lama dan tetap merasa puas dengan kualitas pendaftaran BPJS Kesehatan secara online saat ini.