ANALISIS KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI DI KANTOR DESA LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

Penulis

  • Bobi Handoko Universitas Awal Bros
  • Refila Fazira Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jsabp.v3i1.169

Kata Kunci:

kualitas, pelayanan, vaksinasi, Desa Lubuk Dalam, Kabupaten Siak

Abstrak

Kantor Desa Lubuk Dalam adalah salah satu lembaga pemerintahan yang menyediakan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat umum di Lubuk Dalam. Pelayanan kesehatan yang berkualitas akan memunculkan perasaan kepuasaan bagi pengguna jasa kesehatan tersebut. Saat kepuasan pasien tercapai, maka akan menimbulkan persepsi untuk penularan perilaku yang baik dimasyarakat sehingga membantu pencapaian sasaran vaksinasi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis vaksinasi di kantor Desa Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Metode yang digunakan penelitian adalah metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Januari hingga Februari 2022 di Kantor Desa Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Dari hasil pengukuran penilaian kuesioner, secara keseluruhan, dengan metode analisis IPA (Importance Performance Analysis), Dimensi yang sudah sesuai dengan harapan pasien adalah empati (empathy), Keandalan (reliability) dan Ketanggapan (responsiveness). Dan terdapat dimensi yang belum sesuai dengan harapan masyarakat yakni Keyakinan (assurance) dan Penampilan (tangibles) yang berada di kuadran I. Bila lebih detail lagi dengan melihat atribut-atributnya, hanya 20% dari atribut atau 2 dari 10 atau dari keseluruhan atribut yang perlu ditingkatkan serta 20% dari atribut atau 2 dari 10 atribut yang harus dipertahankan untuk menjaga mutu kualitas pelayanan vaksinasi di Kantor Desa Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Dari uji diagram kartesius terdapat 2 atribut yang berada di kuadran I. Di kuadran II terdapat 2 atribut, sehingga 2 atribut tersebut perlu diperbaiki atau ditingkatkan (kuadran I) dan 2 atribut perlu dipertahankan karena kualitas atribut pelayanan kenyataannya sudah sesuai dengan harapan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-28