PERAN PENTING MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UNTUK ANAK DISABILITAS DI SLB CENDANA RUMBAI
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v5i2.602Kata Kunci:
Perkembangan Anak, Anak Disabilitas, Peran Orang TuaAbstrak
Anak-anak dengan disabilitas memiliki potensi yang dapat dikembangkan secara optimal apabila
mendapatkan dukungan dan stimulasi yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan orang tua di SLB Cendana Rumbai mengenai
peran penting mereka dalam mendukung perkembangan anak disabilitas. Metode pelaksanaan meliputi
penyuluhan interaktif, pelatihan strategi stimulasi perkembangan, dan sesi berbagi pengalaman. Hasil
kegiatan menunjukkan peningkatan wawasan peserta mengenai pendekatan yang sesuai dalam
mendampingi anak disabilitas, serta munculnya motivasi untuk lebih aktif terlibat dalam proses
perkembangan anak. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan
pendidikan yang lebih inklusif dan suportif.
Referensi
UNESCO. (2020). Inclusive Education: The Way of the Future. Paris: UNESCO.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2021). Strategi Pendidikan Inklusif di Indonesia.
Smith, J. (2019). Effective Strategies for Special Education. New York: Springer.
Booth, T., & Ainscow, M. (2011). The Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Bristol: CSIE.
Friend, M. & Bursuck, W. D. (2012). Including Students with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teachers. Pearson.
Turnbull, A. et al. (2015). Exceptional Lives: Special Education in Today's Schools. Pearson.
Loreman, T. et al. (2005). Inclusive Education: A Practical Guide to Supporting Diversity in the Classroom. Routledge.
Florian, L. & Black-Hawkins, K. (2011). Exploring inclusive pedagogy. British Educational Research Journal, 37(5), 813–828.
Dunst, C.J., Trivette, C.M., & Deal, A.G. (2007). Supporting and Strengthening Families: Volume 1. Paul H. Brookes Publishing.
Hornby, G. (2011). Inclusive Education for Children with Special Needs: A Policy Perspective. Support for Learning, 26(3), 132–138.