SOSIALISASI LITERASI DIGITAL QUR’ANI MELALUI PROGRAM ISTIQOMAH BERBASIS APLIKASI MOBILE DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION

Penulis

  • Muhamad Roihan Alazhari Universitas Awal Bros
  • bobi Handoko Universitas Awal Bros
  • Shelly Angella Universitas Awal Bros
  • Dedy Yasriady Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/abjcd.v6i2.700

Kata Kunci:

Literasi Al-Qur’an, Aplikasi Mobile, Istiqomah, Participatory Learning and Action, Layanan Desain

Abstrak

Di era digital saat ini, kebiasaan membaca Al-Qur’an mengalami penurunan yang signifikan, terutama di kalangan generasi muda. Hal ini disebabkan oleh dominasi aktivitas digital seperti media sosial, gim, dan hiburan daring lainnya. Menanggapi fenomena tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan Yayasan Generasi Umat Terbaik (YGUT) melakukan kegiatan sosialisasi literasi Qur’ani melalui program “Istiqomah” berbasis aplikasi mobile. Kegiatan ini dirancang dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA), yang menekankan pelibatan aktif masyarakat dalam proses penyusunan, pelaksanaan, hingga evaluasi program. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi, diskusi kelompok terfokus, serta penguatan komunitas melalui fitur interaktif aplikasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kesadaran dan minat peserta untuk kembali menghidupkan budaya mengaji secara konsisten, serta terbentuknya jejaring komunitas pengaji digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alazhari, M. R., Prabandaru, H., Anggia, R. H., Soewardikoen, W., & Rurianto, J. (n.d.). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI / UX APLIKASI ISTIQOMAH. https://www.decisionanalyst.com/blog/designthinking]

Corral, L., Fronza, I., & Mikkonen, T. (2021). User Interface Matters: Analysing the Complexity of Mobile Applications from a Visual Perspective. Procedia Computer Science, 191, 9–16. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.07.039

Nugraha, I., & Fatwanto, A. (2021). User Experience Design Practices in Industry (Case Study from Indonesian Information Technology Companies). Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/elinvo.v6i1.40958

Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016

Universitas, P., & Asy, H. (2022). TRADISI MEMBACA AL- QUR ’ AN : Kajian Living Quran Di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Jombang. 2(2), 121–131.

Utami, L. A., Lechner, A. M., Permanasari, E., Purwandaru, P., & Ardianto, D. T. (2022). Participatory Learning and Co-Design for Sustainable Rural Living, Supporting the Revival of Indigenous Values and Community Resiliency in Sabrang Village, Indonesia. Land, 11(9). https://doi.org/10.3390/land11091597

Unduhan

Diterbitkan

01-08-2025

Cara Mengutip

Alazhari, M. R., Handoko, B., Angella, S., & Yasriady, D. (2025). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL QUR’ANI MELALUI PROGRAM ISTIQOMAH BERBASIS APLIKASI MOBILE DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION. Awal Bros Journal of Community Development, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.54973/abjcd.v6i2.700