PENYULUHAN TENTANG ALUR PELAYANAN PUSKESMAS PADA PENGUNJUNG PUSKESMAS REJOSARI TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.54973/abjcd.v2i1.96Kata Kunci:
Alur, Pelayanan, PuskesmasAbstrak
Menurut Permenkes No 43 Tahun 2019 Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Sistem Informasi Puskesmas adalah suatu tatanan yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan manajemen Puskesmas untuk mencapai sasaran kegiatannya. Metode yang kita gunakan ceramah dan diskusi tanya jawab. Adapun alat yang kita gunakan selama penyuluhan adalah brosur dan banner. Penyuluhan diadakan di Puskesmas Rejosari pada hari Rabu, 07 Juli 2021. Pada pukul 08.00 sampai dengan 11.00wib. Materi penyuluhan yang akan diberikan meliputi Pengertian alur puskesmas, Pemberian informasi terkait unit-unit yang ada di puskesmas dan Pengarahan petunjuk alur pelayanan di puskesmas. Pada akhir proses penyuluhan alur pelayanan di puskesmas, pengunjung dan pasien dapat memahami alur pelayanan yang ada.