PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP SIKAP MENGHADAPI KEJADIAN DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 3 MUSI RAWAS
DOI:
https://doi.org/10.54973/jpk.v4i2.348Kata Kunci:
Peer Education, Sikap, DismenoreAbstrak
Data mengenai dismenore sebagai permasalahan remaja belum banyak didapatkan di negara Indonesia. Rasa malu ke dokter dan kecenderungan untuk meremehkan gangguan menstruasi seperti dismenore adalah penyebab angka kejadian dismenore tidak dapat dipastikan secara mutlak. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya pengaruh peer education terhadap sikap menghadapi kejadian dismenore pada remaja putri di SMAN 3 Musi Rawas
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap sikap menghadapi kejadian dismenore pada remaja putri di SMAN 3 Musi Rawas. Besar sampel yang dibutuhkan sebanyak 34 remaja putri untuk setiap kelompok eksperimen dan kontrol secara acak. Hasil Penelitian Adanya ada perubahan sikap remaja putri menghadapi kejadian dismenore setelah diberikan metode peer education pada kelompok eksperimen. Peneliti menyarankan kepada pihak SMA 3 Musi Rawas Dapat meningkatkan pemberian KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) padaremaja tentang dismenore.