EFEKTIVITAS PEMBERIAN EDUKASI BREASTCARE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL DALAM PERSIAPAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BERINGIN TIGA KABUPATEN REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.54973/jpk.v4i2.349Kata Kunci:
Edukasi Breascare, Pengetahuan, ASI eksklusifAbstrak
Pemberian edukasi breastcare pada ibu hamil memungkinkan ibu memperoleh informasi tentang persiapan laktasi dan menambah pengetahuan serta merubah perilaku ibu tentangĀ breastcare pada masa kehamilan. Pengetahuan pada seseorang diperoleh dari hasil tahu yang terjadi setelah proses penginderaan terhadap suatu objek pada manusia, Sedangkan perilaku merupakan bagian dari aktivitas manusia dan merupakan bagian dari fungsi manusia yang terlibat dalam suatu tindakan. Tujuan penelitian ini yaitu Diketahuinya efektivitas pemberian edukasi breastcare terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil dalam persiapan pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Beringin Tiga Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dangan desain penelitian quasy eksperiment dan pendekatan pre-test post-test with control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan ibu hamil terhadap kesiapan pemberian ASI ekslusif sebelum dan sesudah pemberian edukasi breastcare.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata skor pengetahuan ibu hamil dari kelompok yang diberikan edukasi breastcare lebih tinggi yaitu 43,25 dibanding rata-rata skor pengetahuan pada kelompok yang tidak diberikan edukasi breastcare yaitu 33.50. didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,012 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi breastcare terhadap ibu hamil dalam persiapan pemberian ASI Eksklusif, maka edukasi breastcare efektif meningkatkan pengetahuan ibu.
Peneliti menyarankan kepada pihak Puskesmas Beringin Tiga agar dapat meningkatkan pemberian KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) dan menerapkan edukasi Breastcare pada ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil dalam persiapam pemberian ASI Eksklusif.