PENGARUH PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 TERHADAP TINGKAT STRESS MAHASISWA STIKES AWALBROS PEKANBARU

Penulis

  • Aulia Annisa Imaging Diagnostik
  • Rahma Diah Febriani STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Henjelina Pransiska STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Muhammad Iqbal STIKes Awal Bros Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jsabp.v2i1.77

Kata Kunci:

Pembelajaran Online, Pandemi, Stress

Abstrak

Dengan seiring terjadinya pandemi Covid-19, menyebabkan terjadinya pembatasan aktivitas seperti
dilakukannya isolasi sosial, anjuran untuk tetap berada di rumah, karantina seluruh masyarakat, dan
penutupan instansi pendidikan. Pembelajaran via online sendiri dapat mempengaruhi kesehatan
mental mahasiswa, misalnya dapat terjadi stres. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa stres adalah
respon non-spesifik dari tubuh terhadap segala tuntutan atau stressor, baik respon positif maupun
respon negative. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan ada atau tidak pengaruh
pembelajaran daring terhadap tingkat stress mahasiswa. Teknik yang digunakan adalah Teknik
analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Sampel penelitian ini berjumlah 36
mahasiswa, penelitian dilakukan pada akhir bulan juli 2021 pada mahasiswa STIKes Awal Bros
Pekanbaru. Teknik sampling menggunakan probability sampling yaitu semua anggota populasi
memiliki peluang sama dipilih menjadi sampel. Intrumen penelitian menggunakan kuisioner google
form. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas dan uji regresi linier
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas masalah stress yang dialami oleh mahasiswa
dalam proses pembelajaran daring.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-15