THE INFLUENCE OF QUALITY OF SERVICE ON SATISFACTION AND OUTPATIENT PATIENT LOYALTY IN RSUD ARIFIN ACHMAD RIAU PROVINCE

Authors

  • Putri Giovaningrum Universitas Awal Bros
  • Muhammad Firdaus

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.289

Keywords:

Quality Assurance, Satisfaction, Loyalty, Patient

Abstract

Kualitas pelayanan sebagai konsep yang secara tepat mewakili inti dari kinerja suatu pelayanan, yaitu perbandingan terhadap excellence dan sales counter yang dilakukan oleh konsumen. Terciptanya kepuasan dapat membuat hubungan pelanggan dengan Institusi menjadi baik. Pelanggan akan melakukan pembelian ulang dan akan membuat pasien loyal terhadap Institusi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantatif dengan pendekatan Deskriptif, dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan jumlah responden sebanyak 67 sampel. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat, bivariat, uji normalitas.

Hasil penelitian dari uji bivariat Koefesian P-Value dengan jumlah nilai 0,016 maka dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Pasien merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Latupeirissa,Loura.W.. (2022). Manajemen Rumah Sakit Untuk Mahasiswa Dan Praktisi. (N.P.): Penerbit Nem.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Moniung, K., Kimbal, M., & Pangemanan, F.

Noor, W. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Apotik Yang Terdiri Dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rsud Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru-Kalimantan Selatan. Kindai, 17(2), 260-270.

Nurlan,Fausiah. (2016).Metode Penelitian. (N.P.): CV. Pilar Nusantara. Pare-Pare.

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Diakses tanggal 15 Juli 2022 http://rsudarifinachmad.riau.go.id/.

Published

2022-12-29

How to Cite

Giovaningrum, P., & Firdaus, M. (2022). THE INFLUENCE OF QUALITY OF SERVICE ON SATISFACTION AND OUTPATIENT PATIENT LOYALTY IN RSUD ARIFIN ACHMAD RIAU PROVINCE. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(2), 50–57. https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.289