PENGARUH PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v4i2.383Kata Kunci:
Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien, Unit Rawat JalanAbstrak
Pelayanan Prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau terbaik kepada pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinganan pasien sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan. Kepuasaan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasaan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan Metode Cross Sectional Study. yang dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden 100 orang yaitu pasien rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau
Hasil penelitian ini yaitu diperoleh dari olah data penelitian yang menunjukkan bahwa Pengaruh Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Pendaftaran berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Hal ini dilihat dengan nilai sig 0,000 < 0,005 adapun hasil uji T menunjukkan bahwa Indikator attitude, ability, attention, action, accountability, dan apperenace, secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian R2 menghasilkan 0,487 hal ini berarti 48,7% variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh 6 Indikator dari pelayanan prima yaitu attitude, ability, attention, action, accountability, dan apperenace, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel.
Referensi
Mega, M. Y. S., Nadapdap, T. P., & . J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima Di Rumah Sakit Umum Kabanjahe Kabupaten Karo. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 4(2), 76–91. https://doi.org/10.35971/gojhes.v4i2.7825
Menteri Kesehatan RI. (2022). UU No 15 Tahun 2022. Demographic Research, 146914, 4–7.
Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 086146.
Pratama, Y. Y., Mohamad, S. W., Marwati, T. A., & Hidayat, M. S. (2022). Kualitas Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima Di Rumah Sakit: Studi Literatur. Jurnal Kajian Ilmiah Kesehatan dan Teknologi, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.52674/jkikt.v4i2.59
Rahmatiqa, C., Pardede, R., & Widuri, N. E. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Prima pada Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD Sultan Thaha Saifuddin Kabupaten Tebo. Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, 540–549.
Dewi, (2020). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Provinsi Kalimatan Barat Tahun 2018. Medan.
Ferliyan, A. (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada kereta api jayabaya malang): Malang
Frimayasa, A., & Kamal, F. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurhan Makasar, Jakarta Timur. Cakrawala, 17(2), 179-188.
Irawati, A. D. (2017). Hubungan Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan Tahun 2017. Madiun
Kartikasari, D. (2019). Admnistrasi Rumah Sakit. Wineka Media. http://fik.um.ac.id/wp- content/uploads/2020/10/3.-ADMINISTRASI-RUMAH-SAKIT
Lestari, N. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Administrasi Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kelas III Rawat Inap (Studi Padda RSUD Dr. H Abdul Moeloek Bandar Lampung). Bandar Lampung
Negari, A. R. D. (2020). Pengaruh Kualitas Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas 1 Melaya Jembrana Bali. Skripsi Strata Satu. Universitas Muhammadiyah Surabaya: Surabaya
Peraturan Menteri Kesehatan No.3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah sakit
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Peraturan Mentri Kesehtan Republik Indonesi Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien. Jakarta
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 15 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Dana dan Dekonsentrasi Kementrian Kesehatan, Jakarta: 2022.
Rohmah, D.A. (2019) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang.Yogyakarta.
Rosyidi, M. I, & Sudarta, I, W, dan Susilo, Eko. (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Gosyen Publshing: Yogyakarta.
Salim, A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Negeri X Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Swasta Y Di Kota Pekanbaru. Pekanbaru
Siahainenia, M. H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Ruang Rawat Inap Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Sapura. Tesis Pascasarjana. Universitas Hasanuddin., Makassar.
Suryandartiwi,Wiwik. A. (2021). Administrasi Rumah Sakit.Yogyakarta: The Journal Publishing.
Takdir, A.F. (2019). Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Kota Makassar: Makassar
Tifani, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Administrasi Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Skripsi Strata Satu.Univeristas Awal Bros: Pekanbaru.
Undang-undang Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta
Yolanda, D. R. (2019). Analisis Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien BPJS di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2018. Makassar
Sumber dari buku:
Suryo M. 2010. Genetika manusia. Yogyakarta: UGM Press.
Daryanto. (2021). Konsumen Dan Pelayanan Prima (Edisi Revisi). Gava Media: Yogyakarta.Alamsyah, D. (2011). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Kuntoro, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Yogyakarta
Sugiyono, (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriyanto,Stefanus,dkk. (2023). Administrasi Rumah Sakit, 23-29.Sidoarjo.Zilatama Jawara.