DEVELOPMENT OF LEARNING INTEREST AS A MEANS TO IMPROVE LEARNING CONCENTRATION WITH THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA AND THE ENVIRONMENT

Authors

  • Siti Najia Humaida Universitas Awal Bros
  • Raihana
  • Hairuning Suci Anggela

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.548

Keywords:

Learning concentration, environment, social media, interest

Abstract

This study aims to determine the effect of environment, use of social media, and interest on student learning concentration at SMK PGRI. This study uses a qualitative approach with a survey type of research, with the data collection technique using a questionnaire instrument, the research subject is done with the Random Sampling Technique, totaling 48 students. Data analysis techniques using Structural Equation Modeling (SEM) using smartPLS tools. The results of the study the environment has a positive and significant effect on student learning concentration, social media has a negatif and insignificant effect on learning concentration and interest has a significant positive effect on the concentration of learning of XII grade students of SMA PGRI Pekanbaru.

References

Ayu, R. D. (2024). Pengaruh kebisingan lalu lintas jalan raya terhadap konsentrasi belajar di sekolah. Universitas Trisakti, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan.

Chrisyanto, B. D., & Sariwardani, A. (2024). Pengaruh kurangnya ruang belajar terhadap konsentrasi peserta didik di Sekolah Dasar Kubang Kutu 2 Kota Cilegon. Journal of Professional Elementary Education (JPEE), 3(1), 78-81.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181. ISSN: 2088-351X.

Kurniawan, E. D., Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan. 9 (2). Hal 47.

Marhaeni, L. P., dkk. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(3), 137-147.

Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh). Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Muktiningsih, D. K. (2012). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 2 Lumajang (Skripsi, Universitas Negeri Malang).

Nikmah, S., Hartati, S.T. M. (2024). Pengaruh Intensitas penggunaan Media Sosial Instragram Terhadap Konsentrasi Belajar siswa. 13 (01). Hal 35.

Novianti, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-15.

Prayitno, E. A., Astutik, P. A. ( 2024 ). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Santri. Jurnal Studi PGMI. 11 (1). Hal 832.

Ramadhan, A., Sutja, dkk. (2022). Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9524–9530.

Ricardo, & Meilani, I. R. (2017). IMPAK Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan manajemen perkantoran. 2 (2). Hal 188.

Sari, M. R. (2020). Pengaruh gaya hidup terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suryana, D. (2015). Pengaruh kompetensi, motivasi, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Bandung (Skripsi, Universitas Pasundan).

Suryani, I. A., Milla, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 KAUR. Jurnal pendidikan ekonomi. 3 (2). Hal 40.

Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., & Lumban Gaol, R. A. G. (2024). Pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (JITK), 2(1), 57–65.

Tambunan, P., dkk. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 175-182.

Vergina, M. (2021). Pengaruh Minat Terhadap Konsentrasi Belajar siswa Pada mata pelajaran Kewirausahaan disekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Hal 87.

Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 467-475.

Published

2024-12-23

How to Cite

Siti Najia Humaida, Raihana, & Hairuning Suci Anggela. (2024). DEVELOPMENT OF LEARNING INTEREST AS A MEANS TO IMPROVE LEARNING CONCENTRATION WITH THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA AND THE ENVIRONMENT. Journal of Hospital Administration and Management, 5(2), 32–42. https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.548