PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN ADANYA PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Siti Najia Humaida Universitas Awal Bros
  • Raihana
  • Hairuning Suci Anggela

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.548

Kata Kunci:

Konsentrasi belajar, lingkungan, media sosial, minat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan, penggunaan media sosial, dan minat terhadap konsentrasi belajar siswa di SMK PGRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian survey, dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket subjek penelitian di lakukan dengan teknik random sampling yaitu berjumlah 48 siswa. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat bantu SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan mempunyai pengaruh  positif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa, media sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap konsentrasi belajar  dan minat berpengaruh positif signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XII SMA PGRI Pekanbaru..

Referensi

Ayu, R. D. (2024). Pengaruh kebisingan lalu lintas jalan raya terhadap konsentrasi belajar di sekolah. Universitas Trisakti, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan.

Chrisyanto, B. D., & Sariwardani, A. (2024). Pengaruh kurangnya ruang belajar terhadap konsentrasi peserta didik di Sekolah Dasar Kubang Kutu 2 Kota Cilegon. Journal of Professional Elementary Education (JPEE), 3(1), 78-81.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181. ISSN: 2088-351X.

Kurniawan, E. D., Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan. 9 (2). Hal 47.

Marhaeni, L. P., dkk. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(3), 137-147.

Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh). Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Muktiningsih, D. K. (2012). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 2 Lumajang (Skripsi, Universitas Negeri Malang).

Nikmah, S., Hartati, S.T. M. (2024). Pengaruh Intensitas penggunaan Media Sosial Instragram Terhadap Konsentrasi Belajar siswa. 13 (01). Hal 35.

Novianti, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-15.

Prayitno, E. A., Astutik, P. A. ( 2024 ). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Santri. Jurnal Studi PGMI. 11 (1). Hal 832.

Ramadhan, A., Sutja, dkk. (2022). Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP N 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9524–9530.

Ricardo, & Meilani, I. R. (2017). IMPAK Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan manajemen perkantoran. 2 (2). Hal 188.

Sari, M. R. (2020). Pengaruh gaya hidup terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suryana, D. (2015). Pengaruh kompetensi, motivasi, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Bandung (Skripsi, Universitas Pasundan).

Suryani, I. A., Milla, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 KAUR. Jurnal pendidikan ekonomi. 3 (2). Hal 40.

Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., & Lumban Gaol, R. A. G. (2024). Pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (JITK), 2(1), 57–65.

Tambunan, P., dkk. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 175-182.

Vergina, M. (2021). Pengaruh Minat Terhadap Konsentrasi Belajar siswa Pada mata pelajaran Kewirausahaan disekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Hal 87.

Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 467-475.

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2024

Cara Mengutip

Siti Najia Humaida, Raihana, & Hairuning Suci Anggela. (2024). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN ADANYA PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 5(2), 32–42. https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.548