HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

Penulis

  • Marline M Mamesah STIKes Adi Husada
  • Roberto A. Geonarso STIKes Adi Husada
  • Afif Kurniawan STIKes Adi Husada
  • Silvia Haniwijaya STIKes Adi Husada

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v1i2.101

Kata Kunci:

Kualitas, Pelayanan, Komunikasi, Kepuasan

Abstrak

Rumah sakit merupakan salah satu institusi pelayanan Kesehatan yang memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Perubahan pola penyakit, struktur demografi, perkembangan IPTEK, dan ekonomi masyarakat mempengaruhi harapan masyarakat akan pelayanan yang bermutu. Kepuasan penerima pelayanan akan tercapai apabila pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Penelitian ini dilakukan di salah satu rumah sakit di Surabaya menggunakan cross sectional dengan responden sebanyak 30 pasien usia 25-40 tahun. Sebanyak 46,7% responden menyatakan bahwa tenaga Kesehatan telah melakukan komunikasi secara efektif, dan 58% puas terhadap mutu pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara komunikasi dengan mutu pelayanan (P=0,001). Komunikasi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu pasien dalam memahami situasi kesehatan mereka, masalah dan rencana perawatan. Komunikasi yang baik dapat berkontribusi untuk membangun kepercayaan antara pasien dengan tenaga kesehatan. mutu merupakan keseluruhan karakteristik dan gambaran dari barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan pelanggan. Komunikasi efektif yang baik akan meningkatkan mutu pelayanan yang baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tenaga Kesehatan.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Komunikasi, Kepuasan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-20

Cara Mengutip

Mamesah, M. M. ., Geonarso, R. A. ., Kurniawan, A. ., & Haniwijaya , S. . (2020). HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 1(2), 23–28. https://doi.org/10.54973/jham.v1i2.101