HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS ADI HUSADA KAPASARI
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v2i1.102Kata Kunci:
Pelayanan, Kepuasan, Fasilitas Kesehatan, PerawatAbstrak
Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan Kesehatan yang memadai semakin meningkat. Hal ini karena adanya perubahan pola penyakit, struktur demografi, perkembangan IPTEK, dan ekonomi masyarakat. Pasien akan merasa puas apabila harapannya terhadap pelayanan Kesehatan terpenuhi. Untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan Kesehatan maka mutu pelayanan juga harus ditingkatkan. Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kebutuhan pasien atau kesesuaian dengan ketentuan standar pelayanan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional pada sampel 20 pasien yang dirawat di ruang rawat inap D2 Rumah Sakit Adi Husada Kapasari pada tanggal 13 Oktober – 13 Desember 2019. Sebanyak 55% responden menyatakan mutu pelayanan kesehatan cukup baik yang diberikan oleh perawat, 40% Pasien menyatakan sangat puas terhadap mutu pelayanan. Hasil chi-square menunjukkan nilai sig sebesar 0,027 (P<0,05). artinya terdapat hubungan antara pelayanan Kesehatan dengan tingkat kepuasan pasein. Mutu pelayanan dan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit adalah dua hal yang sangat berkaitan erat. Tuntutan masyarakat yang semakin tinggi memaksa Rumah Sakit untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu pelayanan mereka terhadap pasien.