EVALUASI PELAYANAN AKADEMIK PROGRAM STUDI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT BAGI MAHASISWA DI STIKES AWAL BROS PEKANBARU

Penulis

  • Meilani eka wijaya Universitas Awal Bros
  • Devi Purnamasari Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.213

Kata Kunci:

Tangible, Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Pelayanan, Administrasi Rumah Sakit

Abstrak

Keberhasilan lembaga penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dapat diukur melalui kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik program studi Administrasi Rumah Sakit bagi mahasiswa STIKes Awal Bros Pekanbaru, mengetahui faktor dan variabel yang harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, mengetahui faktor dan variabel apa yang harus tetap dipertahankan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa, apakah layanan yang diterima mahasiswa sudah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penggumpulan data. Dimensi yang digunakan menyusun instrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1. bukti langsung (Tangible), 2. Keandalan (Reability), 3. Daya tanggap (Responsiveness), 4. Jaminan (Assurance), 5. Empati (Emphaty).  Sampel penilitian ini adalah 50 mahasiswa aktif Administrasi Rumah Sakit Angkatan 2017-2021 yang dipilih dengan menggunakan teknik angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

wijaya, M. eka, & Purnamasari, D. . (2022). EVALUASI PELAYANAN AKADEMIK PROGRAM STUDI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT BAGI MAHASISWA DI STIKES AWAL BROS PEKANBARU. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.213