ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KANTOR BPJS BANGKINANG BAGI MASYARAKAT RUMBIO KBUPATEN KAMPAR

Penulis

  • Ristalia ayu Universitas Awal Bros
  • Shelly Angella Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.214

Kata Kunci:

kualitas, pelayanan, BPJS, IPA

Abstrak

Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan merupakan badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan, peserta jaminan sosial terdiri dari peserta bantuan iur (PBI) yang terdiri dari fakir miskin dan tidak mampu, peserta golongan non PBI atau peserta dari peralihan ASKES dan peserta mandiri. BPJS yang merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia sesuai Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang ada di Indonesia menjadi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. (3). Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan No.1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan disebutkan bahwa jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kantor BPJS Bangkinang,mengetahui faktor dan variabel yang harus ditingkatkan dan yg harus dipertahankan. Data pelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dimensi yang digunakan untuk menyusun instrumen merupakan dimensi-dimensi yang menentukan kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: 1. Tangibel 2. Realibility 3. Responsiveness 4. Assurance  5. Emphaty. Sampel penelitian ini ada 81 masyarakat di desa rumbio. Metode penelitian yang digunakan adalah importance performance analysis, Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan kantor bpjs bangkinang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk sebagai bahan untuk mewujudkan pelayanan kantor bpjs yang lebih baik lagi. Berdasarkan hasil pengumpulan, pengolahan, dan analisa data yang telah dilakukan tidak ada prioritas utama,yang ada proritas rendah , yg di pertahankan dan berlebihan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

ayu, R., & Angella, S. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KANTOR BPJS BANGKINANG BAGI MASYARAKAT RUMBIO KBUPATEN KAMPAR. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(1), 28–33. https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.214