ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN BPJS DI PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH

Penulis

  • Lilik Istikhairyah Universitas Awal Bros
  • Wiwik Suryandartiwi Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.217

Kata Kunci:

Kualitas, pelayanan, BPJS, Pulau kijang

Abstrak

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah badan hukum untuk menyelenggarakan program jaminan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak. Kesesuaian pemenuhan antara harapan dan kenyataan terhadap pelayanan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan perwujudan kepuasan peserta BPJS. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Bpjs Kesehatan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Metode yang digunakan penelitian adalah metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2022 bertempat di Pulau kijang kecamatan Reteh kabupaten Indragiri hilir. Di sekitaran Jl. Pasar bom dan Jl. Indragiri. Dari hasil pengukuran penilaian kuesioner, secara keseluruhan, dengan metode analisis IPA (Importance Performance Analysis), dimensi yang sudah sesuai dengan harapan pasien adalah empati (empathy), keyakinan (assurance), penampilan (tangibles) dan Keandalan (reliability). Dan tidak terdapat dimensi yang belum sesuai dengan harapan masyarakat. Bila lebih detail lagi dengan melihat atribut-atributnya, hanya 40% dari atribut atau 4 dari 10 keseluruhan atribut yang perlu dipertahankan untuk menjaga mutu kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan di Pulau Kijang Kecamatan Reteh.  Dari uji diagram kartesius terdapat tidak terdapat atribut yang berada di kuadran I. Di kuadran II terdapat 4 atribut, sehingga keempat atribut tersebut perlu dipertahankan karena kualitas atribut pelayanan kenyataannya sesuai dengan harapan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

Istikhairyah, L., & Suryandartiwi, W. (2022). ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN BPJS DI PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.54973/jham.v3i1.217