ANALISIS KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP KEPUASAN PESERTA VAKSINASI DI PUSKESMAS LIRIK KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Penulis

  • Hanna Zarah Natasya STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Bobi Handoko Universitas Awal Bros
  • Marian Tonis Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.281

Kata Kunci:

Vaksinasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Di Indonesia pelaksanaan vaksinasi telah dilaksanakan sesuai instruksi presiden melalui Perpres No.99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Di Puskesmas Lirik Kabupaten Indragiri Hulu pelaksanaan vaksinasi covid-19 telah dilakukan akan tetapi masih ada keluhan mengenai alur pendaftaran, ruang tunggu, antrian tidak sesuai dengan kedatangan dan belum memprioritaskan lansia dalam antrian serta administrasi pasca vaksinasi yang tidak sesuai antrian. Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja petugas, tingkat kepuasan pasien vaksinasi Covid-19,dan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, dilaksanakan di Puskesmas Lirik Kabupaten Indragiri Hulu dengan jumlah responden 98 orang, yaitu pasien yang sudah melakukan vaksinasi dewasa  26-45 tahun. Penelitian dilaksanakan dengan observasi, pengumpulan data, dan kuisioner, Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat, analisis bivariat, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Pengolahan data menggunakan aplikasi pengolah data SPSS 16.0.

Hasil penelitian diperoleh Berdasarkan olah data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang diperkuat oleh hasil pengujian yang menujukkan bahwa hal didukung uji linearitas yang menghasilkan nilai signifikansi linearity sebesar  0,000 < 0,05 yang diperoleh dari pengolahan data melalui aplikasi SPSS 16.0 .

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Ani, M. S., & Al-Ani, D. M. (2020). Review Study on Sciencedirect Library Based on Coronavirus Covid-19. UHD Journal of Science and Technology, 4(2), 46–55. https://doi.org/10.21928/uhdjst.v4n2y2020.pp46-55

Hatiningtiya, Bunga Rizki; Iskandar, D. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Di RS MH Thamrin Purwakarta.

Hayaza, T. Y. (2012). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–13.

Hidayat. (2014). Kerangka konsep dan hipotesis penelitian

Kepmenpan No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kotler, Philip, et al. 2012. Manajemen pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andy.

Perpres. (2020). Perpres No. 99 Tahun 2020 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Rahmani, N. (2016) . Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UINSU Press.

Rosa, Vika. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Bulukunyi Kabupaten Takalar.

Sasmita, R. D. (2021). Tingkat Kepuasan Orangtua Terhadap Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pandemi Covid-19 DI Puskesmas Kandangan KabupatenTemanggung.

Sinurat, J., & Zulkarnain, A. K. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bangsal Hemodialisis Rs. Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Majalah Farmaseutik, 10(1), 192–196. https://jurnal.ugm.ac.id/majalahfarmaseutik/article/view/24112

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Teuku Aliansyah, Hafasnuddin, S. (2012). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1), 32–39.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction Edisi Empat. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Natasya, H. Z. ., Handoko, B. ., & Tonis, M. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP KEPUASAN PESERTA VAKSINASI DI PUSKESMAS LIRIK KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(2), 19–29. https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.281