PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD SELASIH KABUPATEN PELALAWAN

Penulis

  • Mey Sarah azhari Universitas Awal Bros
  • Agus Salim Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.290

Kata Kunci:

Pelayanan, Kualitas, Kepuasan Pasien

Abstrak

Kualitas pelayanan bisa dijadikan untuk suatu indikator sebagai pengukur kepuasan konsumen terhadap suatu perusahan. Kepuasan ini terjadinya perasaan senang atau kecewa  terhadap  seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja seperti hasil produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau mendapatkan suatu hasil yang diharapkan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif, dilaksanakan di RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan dengan jumlah responden sebanyak 67 sampel. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji riliability, univariat, bivariat, uji normalitas dan uji linier . Hasil penelitian dari kualitas pelayanan pasien banyak memilih setuju di setiap indikator yaitu, thanibel, dan kepuasan pasien, pasien merasa reliability, responsiveness, assurance, empathy, jadi pasien merasa puas terhadap kualitas pelayanan di RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan. Hasil pengujian kepuasan pasien, pasien merasa puas terhadap pelayanan yang di berikan di RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan. Oleh karna itu kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien . Kesimpulan hasil pengujian pasien merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan. Adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya. (2021). Efektivitas Balance Exercise Dan Gait Training Dalam Meningkatkan Keseimbangan Dan Kecepatan Berjalan Pada Kasus Stroke Iskemik. Indonesian Journal

Bramantoro Taufan, 2017, Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan, Surabaya: UNAIR (AUP).

Gurning, Pramita,f. 2018.dasar administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat.Yogyakarta ; K-media

KEMENKES RI, 2011, Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Kemenkes.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Rajagrafindo Persada. Depok.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Sarah azhari, M., & Salim, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD SELASIH KABUPATEN PELALAWAN. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.290