ANALISIS KINERJA PETUGAS ADMINISTRASI DALAM PELAYANAN VAKSIN COVID-19 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v4i1.291Kata Kunci:
Kinerja, Pelayanan vaksin covid-19, Rumah SakitAbstrak
Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui bagaimana Kinerja Petugas dibagian Pelayanan Vaksin Covid-19 di RSUD Arifin Achmad dengan menggunakan Indikator Kierja yaitu Kualitas Kerja dan Waktu Kerja.
Penelitian ini dilakukan dari bulan 19 September sampai dengan 19 Oktober 2022 penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Analisis data pada Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata , gambar, dan bukan angka, tujuan dari analisis data merupakan suatu data agar lebih mudah dipahami, dan selanjutnya dibuat suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja petugas administrasi dalam pelayanan vaksin covid-19 terdapat kendala hal ini terlihat dari petugas yang perlunya tambahan, adanya fasilitas untuk menunjang kinerja petugas menjadi lebih baik, dan juga untuk terlaksananya terkait pelatihan dan belum tersedianya SOP (Standar Operasional Prosedur). Disarankan Pelayanan vaksin covid-19 di RSUD Arifin Achmad Provinisi Riau mengenai penambahan petugas, saranan prasarana yang membantu kinerja petugas menjadi lebih baik.
Referensi
Dewi, Ratna.(2021).Analisis Kinerja Petugas Rekam Medis di RSUD Besemah Kota Pagar Alam.Palembang.
Fahmi, Irham.(2017).Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Isabullah.(2019).Analisis Kinerja SDM bagian rekam medis di Rumah Sakit Bhayangkara.Yogyakarta.
Mishbahuddin.(2020). meningkatkan manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit. Yogyakarta: Tangga Ilmu.
Prathivi, Sandya Bunga (2021). Pengaruh Stres Kerja Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Kinerja Petugas Administrasi Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau.Skripsi Prodi ARS. Stikes Awal Bros Pekanbaru
Rohman. (2017). dasar-dasar manajemen . Malang: Inteligensia Media.
Rundungan, Ria O, Dkk.(2015). JIKMU.Analisis Kinerja Petugas Kesehatan Gigi Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Poliklinik Gigi RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Vol 5.No 2a
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D . Bandung: Alafbeta.
Sudaryo, Yoyo A. A. (2018). manajemen sumber daya manusia kompensasi tidak langsung dan lingkungan fisik. Yogyakarta: Andi.
Supomo, R. (2018). Pengantar Manajemen. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Wati, Ani Riza. (2021). gambaran manajemen logistik obat di instalasi farmasi rumah sakit prof.Dr.tabrani Pekanbaru.Skripsi Prodi ARS.Stikes Awal Bros Pekanbaru
Wulandari, A, dkk (2022). Pengaruh Sistem Perekrutan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Unit Administrasi Rumah Sakit Awal Bros Panam Pekanbaru. Journal of Hospital Administration and Management, Universitas Awal Bros, Volume : 3, Nomor : 2, Halaman 9-18
Yuliana, A, S, dkk (2020). Persepsi Komunikasi Efektif Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rsud Petala Bumi Provinsi Riau. Journal of Hospital Administration and Management, Universitas Awal Bros, Volume : 1, Nomor : 2, Halaman 01-10
Yuliana, A,S, dkk (2018). Analisis Pengendalian Kejadian Salah Sisip Dokumen Rekam
Medis Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Tahun 2018. Al Tamimi Kesmas : Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences, STIKes Al Insyirah, Volume : 7, Nomor :2, Halaman : 97 - 111