PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UNIT FARMASI RUMAH SAKIT PROF. DR. TABRANI PEKANBARU

Penulis

  • Agus Salim Universitas Awal Bros
  • Hafizah Hafizah
  • Anastasya Shinta Yuliana Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v4i1.308

Kata Kunci:

Persepsi pasien, mutu pelayanan, pelayanan kefarmasian

Abstrak

Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 15 September-23 September 2022 di Unit Farmasi Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani Pekanbaru. Responden dalam penelitian ini berjumlah 72 orang dengan metode pengambilan sampel purposive sampling.

Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi pasien terhadap dimensi Tangible sebesar 0,480. Untuk persepsi pasien terhadap dimensi Reabilty sebesar 0,239, Responsiviness sebesar 0,197, Assurance/Jaminan sebesar 0,237, persepsi pasien terhadap Empathy sebesar 0,513. Jadi kelima hipotesis tersebut sudah signifikan karena nilai >0,05 yang diperoleh dari pengolahan data melalui aplikasi SPSS 26.0.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tangible, Reability, Responsiviness, Assurance, Empathy memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi pasien. Saran dari penelitian ini sebaiknya peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian alangkah baiknya menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan Mix Method.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Liwun, Lusia Liho (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka.

Wati, Ani Riza (2021). Gambaran Manajemen Logistik Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani Pekanbaru.

Andriani, Medi, dkk. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun.

Janati, Aqnan (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi di RSUD Pandan Arang Boyolali Periode 2019.

Rohmah, Dini Auliya (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Magelang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-10

Cara Mengutip

Salim, A., Hafizah, & Yuliana, A. S. (2023). PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN DI UNIT FARMASI RUMAH SAKIT PROF. DR. TABRANI PEKANBARU. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 4(1), 25–38. https://doi.org/10.54973/jham.v4i1.308