ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELANTIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO OBAT PERTANIAN CV. MARINA AGRO KERINCI BERBASIS WEB

Penulis

  • Afifah Cahayani Adha Universitas Awal Bros
  • Sisi Hendriani Universitas Awal Bros
  • Dewi Junita Universitas Awal Bros
  • Desti Monika Uli Universitas Awal Bros
  • Zurman Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v4i2.386

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Customer Relationship Management, Berbasis Web, Penjualan

Abstrak

Pada CV. Marina Agro ini kegiatan jual belinya masih dalam bentuk manual dan belum terkomputerisasi. Pelanggan datang ke toko terkadang produk dalam keadaan habis terjual. Hal ini dapat menimbulkan kesan negatif terhadap kualitas pelayanan dari CV. Marina Agro, begitu pula dengan kasus disaat pembeli sedang ramai , disini karena kekurangan tenaga terkadang ada pelanggan yang tidak terlayani dengan maksimal. Maka dari itu diterapkan lah Sistem Informasi Customer Relationship Management agar dapat membantu meningkatkan dan memaksimalkan kualitas pelayanan dan penjualan di CV. Marina Agro. Dengan menggunakan Sistem Informasi Customer Relationship Management dapat mempercepat dan mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan tanpa harus datang langsung ke Toko. Dengan begitu semua kebutuhan dan keinginan pelanggan baru maupun lama akan terpenuhi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albert, M., & Santoso, A. B. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CRM PADA CAR WASH AUTO 74 CABANG RAJABASA BERBASIS WEB. Teknologiterkini.orgVolume 2 (3).

Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis ISSN : 1829-8486 (print) | ISSN : 2528-1216 .

Anggraini, Y., & Pasha, D. (2020). SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) .

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA DEVISI HUMAS PT. PEGADAIAN. Jurnal Intra-Tech .

Iqbal Aditya Pangestu, G. T. (2021). SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN PENDEKATAN COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI CV.XYZ. KOPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika vol 10 no 2 .

irwanto.(2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura : Jurnal Pendidikan Vol.12 No.1 .

Kurniawan, A. C. (2019). Penerapan CRM dalam sistem informasi Penjualan di toko bagus arloji Pare. journal UNPGRI kediri.

Mahardika, B. T. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SISWA BERPRESTASI BERBASIS ANDROID PADA SMK PGRI RAWALUMBU. ISSN 2088- 060X Volume X. No. 2. September .

maida, A. (2019). Implementasi E-CRM untuk pemasaran pakaian home industry pada tata busana nurainun berbasis web.

Noer Azni Septiani, A. A. (2022). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PENJUALAN GAS MEDICAL DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING. jurnal TEKINKOM volume 5, nomor 2. , 311.

Prawiro, R. (2022). Internet Marketing By Implementing Enterprise Resource Planning (Erp) At The Mukomuko Milk Center Using Php Programming Language And Mysql Database. Sustainability: Theory, Practice and Policy .

Sahi, A. (2020). APLIKASI TEST POTENSI AKADEMIK SELEKSI SARINGAN MASUK LP3I BERBASIS WEB ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi , 122.

Sari, H. I., & Prasetiawati, R. (2020). Analisis Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada PT. INOVATIF TEKNIK MESINDO. TMJ (Technomedia Journal) Vol.5 No.1 .

Siregar, D. N., Cahyani, W., & Chaniago, A. U. (2020). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA IRIAN CARD (I-CARD) PADA IRIAN DEPT STORE & SUPERMARKET MEDAN MARELAN. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK) .

Siregar, D. S., & Ula, M. (2019). SISTEM INFORMASI PENDATAAN HASIL PERIKANAN DI KOTA LHOKSEUMAWE BERBASIS WEBSITE. Jurnal Sistem Informasi ISSN P : 2598-599X; E: 2599-0330 .

syarif, M., & Nugraha, W. (2020). PEMODELAN DIAGRAM UML SISTEM PEMBAYARAN TUNAI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol. 4 , No. 1 .

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Adha, A. C. ., Hendriani, S., Junita, D. ., Uli, D. M., & Zurman. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELANTIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO OBAT PERTANIAN CV. MARINA AGRO KERINCI BERBASIS WEB. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 4(2), 63–75. https://doi.org/10.54973/jham.v4i2.386