PENINGKATAN PROSES BELAJAR MELALUI DUKUNGAN PERHATIAN ORANG TUA SERTA SUASANA RUMAH DAN FASILITAS BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.543Kata Kunci:
Perhatian Orang Tua, Kondisi Ekonomi Keluarga, Suasana Rumah, Fasilitas Belajar, Proses BelajarAbstrak
Antara lingkungan keluarga dan anak saling berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Perhatian orang tua, kondisi ekonomi keluarga, suasana rumah, dan fasilitas belajar memainkan peran penting dalam membentuk hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap proses pembelajaran siswa kelas III di SMKN 3 Pekanbaru. Desain penelitian survei kualitatif digunakan, melibatkan 51 siswa yang dipilih melalui sampling acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan aplikasi olah data statistik. Hasil penelitian mengungkapkan hubungan positif, negatif, dan signifikan antara faktor-faktor yang diteliti dengan proses pembelajaran. Faktor positif dan signifikan seperti perhatian orang tua, suasana rumah dan fasilitas belajar dapat meningkatkan proses belajar siswa, sedangkan faktor negatif seperti kondisi ekonomi keluarga dapat menghambat pembelajaran. Lingkungan keluarga memiliki pengaruh positif, negatif dan signifikan. Hal ini harus menjadi perhatian untuk orang tua dalam mendidik, membimbing, memberikan fasilitas belajar, dan memperhatikan anak. Model persamaan linear yang dihasilkan dari analisis data adalah Y= 0,275 - 0,139 + 0,159 + 0,536 + 0,060.
Referensi
Arieska, Permadina Kanah dan Herdiana, Novera. (2018). Pemilihan Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, Volume. 6, No. 2, November 2018.
Jihad, Nur Hikma. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sdn 263 Bonto Baru Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hidayati, Meshita. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV, V, VI Di Mi At- Tahzib Kekait Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram.
Sihotang, Hotmaulina dan Kandola, Amos (2013). Pengaruh Suasana Rumah Tempat Tinggal Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sman Dki Jakarta. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, ISSN 1410-4695, Volume. 6, No. 3, November 2013.
Bangun, Darwin. (2008). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Waktu Belajar Dirumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume. 5, No. 1, April 2008.
Anggraini, Citra dan Imaniyati, Nani. (2018). Fasilitas Belajar dan Manajemen Kelas Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume. 3, No. 2, Juli 2018.
Wahid, Farhan Saefudin dkk. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Indonesia, ISSN 2541-0849, Volume. 5, No. 8, Agustus 2020.