PENINGKATAN MINAT BACA TERHADAP KREATIVITAS DAYA PIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SEBAGAI DAMPAK DARI PENGARUH LINGKUNGAN DAN HOBI

Penulis

  • Febi Angla Adelia Universitas Awal Bros
  • Marian Tonis Universitas Awal Bros
  • Indah Ramadhani
  • intan mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.546

Kata Kunci:

minat baca, pengembangan diri, hobi, kemampuan kognitif

Abstrak

​​Minat baca merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan akademik siswa, terutama bagi siswa kelas 12 yang berada di tahap akhir pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat baca siswa kelas 12 SMA Negeri 7 Pekanbaru dengan mempertimbangkan variabel lingkungan, hobi, kesulitan komunikasi, kreativitas, dan daya pikir kritis. Lingkungan, baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat, ditemukan memiliki peran signifikan dalam membentuk kebiasaan membaca. Selain itu, siswa yang menjadikan membaca sebagai hobi cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi. Membaca juga membantu mengatasi kesulitan komunikasi melalui peningkatan kosakata dan kemampuan berbahasa, serta mendukung pengembangan kreativitas dengan memperluas wawasan dan mendorong munculnya ide-ide baru. Lebih lanjut, membaca bahan bacaan yang analitis mampu melatih siswa berpikir kritis dalam mengevaluasi informasi dan membuat keputusan logis. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai kondisi minat baca siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru dan menjadi dasar untuk merancang strategi efektif dalam meningkatkan budaya literasi. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran lingkungan, bahan bacaan yang relevan, dan integrasi manfaat membaca dalam pembelajaran untuk mendukung pengembangan siswa secara menyeluruh.

Referensi

Burhan, N. S., Nurchasanah, & Basuki, I. A. (2020). Implementasi Tahap Pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 367–373.

Fitriyani, H., & Markhamah. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa MIM PK Kertonatan Kartasura. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 81–87.

Hadi, A. A., et al. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30.

Ginting, E. V., et al. (2023). Teacher’s Strategies in Improving Students’ Reading Interest in Class III A Students at SD Negeri 105268 Telaga Sari, Kutalimbaru District, Academic Year 2022/2023. Journal of Educational Analytics, 2(2), 319–332.

Arif, Abdul. (2019). Pemanfaatan Gadget untuk Menumbuhkan Budaya Literasi di Abad 21. Ayo Semarang. Terbitan Rabu, 20 November 2019.

Widodo, Hery. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2024

Cara Mengutip

Febi Angla Adelia, Tonis, M. ., Indah Ramadhani, & intan. (2024). PENINGKATAN MINAT BACA TERHADAP KREATIVITAS DAYA PIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SEBAGAI DAMPAK DARI PENGARUH LINGKUNGAN DAN HOBI. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 5(2), 22–31. https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.546