FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TANJUNG REJO TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v6i1.628Kata Kunci:
Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Rawat Jalan, PuskesmasAbstrak
Latar belakang; Penilaian kepuasan pasien penting untuk dilakukan karena merupakan bagian dari mutu pelayanan, berhubungan dengan pemasaran, dan prioritas peningkatan pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal di Puskesmas Tanjung Rejo, menunjukkan bahwa 7 pasien menyatakan tidak puas terhadap pelayanan rawat jalan dikarenakan, waktu tunggu pelayanan yang lama, informasi yang disampaikan petugas tidak lengkap dan akurat, ruang tunggu poli tidak nyaman serta antrian pendaftaran cukup panjang. Tujuan; Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan rawat jalan di Puskesmas Tanjung Rejo. Metode; Jenis penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian yaitu seluruh pasien sebanyak 9.430 orang dengan sampel sebanyak 99 orang yang diambil menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivarat dengan statistik uji regresi logistik. Hasil; Hasil penelitian menunjukkan nilai p untuk variabel bukti fisik = 0,009 < 0,05, kehandalan = 0,019 < 0,05, daya tanggap = 0,013 < 0,05, jaminan = 0,079 > 0,05 dan empati = 0,043 < 0,05 yang artinya bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan empati memiliki pengaruh terhadap mutu pelayanan rawat jalan, sedangkan jaminan tidak memiliki pengaruh terhadap mutu pelayanan rawat jalan. Kesimpulan; Kesimpulan penelitian ada pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan empati terhadap mutu pelayanan rawat jalan, sedangkan jaminan tidak memiliki pengaruh terhadap mutu pelayanan rawat jalan.
Unduhan
Referensi
World Health Organization. WHO 2016. New York; 2016.
Ratnasari AM. Hubungan Kinerja Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Martapura 2 Kabupaten Banjar. Universitas Islam Kalimantan MAB; 2022.
Antina RR. Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP J Penelit Adm Publik. 2016;2(02):567.
Handayani S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam Media Publ Penelit. 2016;14(1):42–8.
Yuditia A, Hidayat Y, Achmad S. Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Oleh BPJS Berdasarkan Undang-Undang NO. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. J Magister Ilmu Huk. 2021;6(1):43–61.
Wulandari DI, Purwadi POA, Mahardika R, Gurning FP. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Dengan Pasien Mandiri Di Kota Medan. Humantech J Ilm Multidisiplin Indones. 2022;1(9):1227–34.
Yuanita F, Palutturi S, Genisha J. Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas Salo Kabupaten Pinrang. J Ilm Kesehat Diagnosis. 2021;16(1):22–32.
Kaleidoskop-BPJS-Kesehatan-2021-Menutup-Tahun-dengan-Kinerja-Gemilang.
Ulumiyah NH. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):149–55.
Faradina N. Faktor Yang Memengaruhi Kurangnya Kinerja Bidan Dan Perawat Di Puskesmas Padang Tiji Kabupaten Pidie Tahun 2019. Institut Kesehatan Helvetia; 2019.
Jacobis R. Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas di BLU RSUP prof. DR. R.D. Kandou Manado. 2013;1(4):619–29.
Chunlaka P. International Patients Satisfaction Toward Nurses Service Quality At Samitivej Srinakarin Hospital. Srinakharinwirot Univ. 2010;9(1):76–99.
Al-asaf AF. Mutu Pelayanan Kesehatan : Perspektif Internasional. Jakarta: EGC; 2013.
Abidin. Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. J MKMI. 2016;12.
Kurniadi A. Manajemen Keperawatan. 2013;
Nurpahmi I. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Ibu Hamil terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas. 2016;8(September):35–40.
Ashari Putra B. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Tingkat Kepuasan Pasien pada Puskesmas di Pemerintah Daerah Boyolali. J Ekon dan Bisnis. 2013;1(1):16.
Zeithaml VA, Parasuraman A, Berry LL. Delivering Quality Services. New York: The Free Press; 2001.
Adawiyah R. Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2015.








