HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI

Penulis

  • Meira Putri Azkia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih Jambi
  • Fransiska Sitepu STIKes Garuda Putih Jambi
  • Samsinar STIKes Garuda Putih Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.632

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kunjungan Ulang, Rumah Sakit

Abstrak

Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan penentu utama kepuasan dan loyalitas pasien, termasuk keputusan mereka untuk kembali berobat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Poli Penyakit Dalam RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional, melibatkan 99 responden yang dipilih secara insidental. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari lima dimensi kualitas pelayanan memiliki hubungan yang signifikan dengan niat berkunjung kembali, yaitu daya tanggap (responsiveness) dengan nilai p=0,027, jaminan (assurance) dengan nilai p=0,000, dan empati (emphaty) dengan nilai p=0,003. Sedangkan dimensi bukti fisik (tangible)  dengan nilai p = 0.271 dan reliabilitas (reliability) dengan nilai p = 0.234 tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa daya tanggap petugas, rasa aman yang diberikan, dan perhatian pribadi sangat penting dalam membentuk loyalitas pasien. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan pada aspek-aspek tersebut perlu menjadi prioritas bagi rumah sakit dalam

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, F., Hidayat, W., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RSU PKU Muhammadiyah Bantul (Studi pada RSU PKU Muhammadiyah Bantul). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11, 492–503.

Cahya, F. N., Samino, S., & Angelina, C. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Poli Mata RS Pertamina Bintang Amin 2024. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 2638–2651.

Jiwantara, K., Sutrisno, A., & Neyland, J. S. C. (2013). Penerapan metode servqual untuk evaluasi dan perbaikan kualitas pelayanan pada kegiatan penyuluhan bahasa indonesia praktis di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Poros Teknik Mesin Unsrat, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/poros/article/view/2396

Laila, F. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pasien Dan Konsekuensinya Terhadap Loyalitas di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 9(2). https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1709

Lestari, Y., & Nurcahyanto, H. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan (Studi kasus pada pasien rawat jalan di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang). Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 441–454.

Ramadhani, M. (2023). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Ulang Rawat Jalan di Rsud dr. La Palaloi Kecamatan Turikale Kabupaten Maros Tahun 2023 [Skripsi, Universita Islam Negeri Alauddin Makasar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/26596/1/70200118010_Murafiqah%20Ramadhani.pdf

Sari, D. G., Asdie, R. H., & Retnowulan, H. (2021). Perbandingan Nilai Red Cell Distribution Width terhadap Mortalitas pada Pasien Hospital-Acquired Pneumonia Lansia dan Dewasa. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 8(2), 56. https://doi.org/10.7454/jpdi.v8i2.389

Sari, D. P., Lilia, D., & Yustati, E. (2023). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam. Indonesian Journal of Health and Medical, 3(4), 147–158.

Syahputra, A., Saragih, L., & Pardede, D. W. (2022). The Relationship Of Quality Of Service With Interest In Revisit In Output Patients Of Internal Disease Poly At Lubuk Pakam Grandmed Hospital. Jurnal Kesmas dan Gizi (JKG), 4(2), 143–148. https://doi.org/10.35451/jkg.v4i2.1074

UU No. 36. (2009). Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/38778/uu-no-36-tahun-2009

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2025

Cara Mengutip

Azkia, M. P., Sitepu, F., & Samsinar. (2025). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 6(2), 151–157. https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.632