FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALANG BANJAR KOTA JAMBI

Penulis

  • muthma aini Universitas Jambi
  • Dwi Noerjoedianto Universitas Jambi
  • Arnild Augina Mekarisce Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.788

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasa Pasien, Aksesibilitas, Waktu Tunggu , Minat Kunjungan Ulang

Abstrak

Minat kunjungan ulang merupakan indikator penting dalam keberlanjutan pelayanan kesehatan primer karena mencerminkan penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan, kepuasan, aksesibilitas, serta pengalaman selama menerima layanan. Tingkat kunjungan ulang di Puskesmas Talang Banjar menunjukkan fluktuasi sehingga diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhinya. PeneIiitian ini me.nggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional pada 106 responden yang dipilih melalui accidental sampling. Data dikumpuIkan. menggunakan kuesioner terstruktur dan dianaIisis menggunakan uji Chi.-.Square untuk menge.tahui hubungan antara kuaIitas peIayanan, kepuasan pasien, aksesibilitas, waktu tunggu, dan minat kunjungan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42,5% responden berminat melakukan kunjungan uIang, sedangkan 57,5% tidak berminat. Terdapat hubungan signifikan antara minat kunjungan ulang dengan kualitas pelayanan (p = 0,006; PR = 3,034), kepuasan pasien (p = 0,001; PR = 4,348), dan aksesibilitas (p = 0,005; PR = 3,100). Sementara itu, waktu tunggu tidak menunjukkan hubungan signifikan (p = 0,055). Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kepuasan pasien, serta kemudahan akses merupakan faktor penting dalam meningkatkan minat kunjungan ulang pasien. Penguatan faktor-faktor tersebut dapat mendukung keberlanjutan pelayanan kesehatan di puskesmas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alvia Amri, Z., Indrawati, L., Sulistyowati, Y., & Susanti, R. (2024). Hubungan persepsi pasien terkait kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang di rawat jalan RSUP Persahabatan tahun 2023. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(1), 33–43.

Damanik, E. N., Kasim, F., & Sari, N. M. (2020). Analisis faktor yang berhubungan dengan rendahnya kunjungan ulang pasien umum di unit rawat jalan Puskesmas Bandar Tinggi Kabupaten Simalungun. Jurnal Inovasi Kesehatan Masyarakat, 2(1), 136–143.

http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JIKM

Gozal, F., Saptaningsih, A. B., Nugroho, M. N., & Magister, P. (2022). Analisis faktor yang memengaruhi minat kunjungan ulang pasien rawat jalan RS X dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Hospital Management, 5(1).

Hendarto, H., Elasari, Y., Yeni, W. R., & Adi, N. T. (2024). Hubungan mutu layanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien dalam memanfaatkan kembali jasa di puskesmas. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 7(1), 36–42.

Johar, B. I., Syamsu, R. F., Pramono, S. D., Purnamasari, R., Juliani, S., & Nasruddin, H. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi kunjungan ulang pasien hipertensi rawat jalan di Puskesmas Rumah Tiga tahun 2023. Waliafat Hospital Journal, 1(2), 14–22.

https://whj.umi.ac.id/index.php/whj/article/view/45

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Panduan layanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) (Edisi ke-3). BPJS Kesehatan.

https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/4bd28c6ea8f022040f6eb93cfcd6e723.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-12, Jilid 1). PT Indeks.

Maslin, M. T., Harleli, H., & Hartoyo, A. M. (2023). Hubungan kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Poasia tahun 2022. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo, 4(3), 143–152.

Ramadhan, M. R. F., Sety, L. O. M., & Hartoyo, A. M. (2024). Faktor yang berhubungan dengan minat berkunjung kembali pasien rawat jalan pada Poliklinik Anak di Rumah Sakit Kota Kendari tahun 2024. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, 5(2), 238–247.

http://jakp.fisip.unand.ac.id/index.php/jakp/article/view/139

Resky, S. D., Dinianti, A., & Tunas, T. (2025). Kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan pada Poliklinik Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 3, 122–142.

Rochmah, L. N., Rohmah, N., & Handayani, L. T. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Tanggul. Health and Medical Science, 1(3), 1–8.

Sangkot, H. S., Latifah, U., Suryandari, E. S. D. H., & Wijaya, A. (2022). Analisis pengaruh kepuasan pasien rawat jalan terhadap minat kunjungan ulang di RS X Kota Madiun. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), 141–147.

Trisnawati, I., Handayani, S. D., & Nuryakin, N. (2022). The effect of dental clinic service quality on patient satisfaction, word of mouth, and revisit intention in Yogyakarta. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(4), 1351–1356.

World Health Organization. (2022). Determinan niat kunjungan ulang ke puskesmas era pandemi Covid-19: Literature review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 781–788.

https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2025

Cara Mengutip

aini, muthma, Noerjoedianto, D. ., & Mekarisce, A. A. (2025). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALANG BANJAR KOTA JAMBI. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 6(2), 233–240. https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.788