PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSGM IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI

Penulis

  • Multia Ranum Sari Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Andika Zakaria Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Sahat Manampin Siahaan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Anisa Ramadhani Kusumastiti Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.814

Kata Kunci:

komunikasi interpersonal, CLASS , kepuasan pasien

Abstrak

Komunikasi interpersonal merupakan kompetensi klinis penting dalam pelayanan kedokteran gigi yang berkontribusi langsung terhadap pengalaman pasien dan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal dokter gigi muda berdasarkan kerangka CLASS (Context–Listening–Acknowledgement–Strategy–Summary) terhadap kepuasan pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Desain penelitian ini adalah kuantitatif cross sectional dengan jumlah responden 144 pasien dengan teknik Simple Random Sampling. Pengukuran menggunakan instrumen CLASS yang terdiri atas 14 item dengan skala Likert. Uji reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,84 yang mengindikasikan reliabilitas sangat baik.  Analisis deskriptif menunjukkan seluruh komponen CLASS berada pada kategori sangat baik. Analisis uji korelasi Spearman sebesar 0,000 (p-value < 0,05) menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal yang baik antara dokter gigi muda dan pasien akan membuat pasien merasa puas terhadap pelayanan yang dilakukan. Secara keseluruhan, komunikasi interpersonal dokter gigi muda telah berjalan secara efektif dan konsisten, juga terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dokter gigi muda dengan pasien terhadap kepuasan pelayanan pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprianto, D. S., Puspitasari, B., Ardinansyah, A., & Riani, S. N. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Teledentistry di RSGM Yarsi. Jurnal Ilmiah dan Teknologi Kedokteran Gigi FKG UPDM (B), 20 (1).

Campos, C. F. C., Olivo, C. R., Martins, M. de A., & Tempski, P. Z. (2024). Physicians’ attention to patients’ communication cues can improve patient satisfaction with care and perception of physicians’ empathy. Clinics, 79. https://doi.org/10.1016/j.clinsp.2024.100377

Carey, J. A., Madill, A., & Manogue, M. (2010). Communications skills in dental education: A systematic research review. European Journal of Dental Education, 14(2), 69–78. https://doi.org/10.1111/j.1600-0579.2009.00586.x

Dewi, C. D., Syamsudin, E., & Hadikrishna, I. (2022). Karakteristik pasien dan diagnosis pencabutan gigi pada pasien di klinik eksodonsia RSGM Universitas Padjadjaran. Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, 34(2), 152. https://doi.org/10.24198/jkg.v34i2.37719

Freeman, R. (1999). Communicating effectively: some practical suggestions. In BRITISH DENTAL JOURNAL (Vol. 187, Issue 5).

Gartner, J. B., Abasse, K. S., Bergeron, F., Landa, P., Lemaire, C., & Côté, A. (2022). Definition and conceptualization of the patient-centered care pathway, a proposed integrative framework for consensus: a Concept analysis and systematic review. BMC Health Services Research, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12913-022-07960-0

He, Y. Z., Liao, P. C., & Chang, Y. T. (2023). Enhancing patient-centred care in Taiwan’s dental education system: Exploring the feasibility of doctor-patient communication education and training. Journal of Dental Sciences, 18(4), 1830–1837. https://doi.org/10.1016/j.jds.2023.07.006

Herath, M., Reid, J. L., Ting, Y. Y., Bradshaw, E. L., Edwards, S., Bruening, M., & Maddern, G. J. (2023). Patient focused interventions and communication in the surgical clinic: a systematic review and meta-analysis. EClinicalMedicine, 57. https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2023.101893

Ho, J. C. Y., Chai, H. H., Lo, E. C. M., Huang, M. Z., & Chu, C. H. (2024). Strategies for Effective Dentist-Patient Communication: A Literature Review. Patient Preference and Adherence , 18, 1385–1394. https://doi.org/10.2147/PPA.S465221

Lin, Y., Hong, Y. A., Henson, B. S., Stevenson, R. D., Hong, S., Lyu, T., & Liang, C. (2020). Assessing patient experience and healthcare quality of dental care using patient online reviews in the United States: Mixed methods study. In Journal of Medical Internet Research (Vol. 22, Issue 7). JMIR Publications Inc. https://doi.org/10.2196/18652

Mala, A., & Mala, A. (2025). Assessment Of Patient Satisfaction In Dental Services Main Family Medicine Center Fatmir Krasniqi, Fushe Kosovo, Republic of Kosovo Correspodent author: Agjend Mala. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 50(1), 612–622. https://ijpsat.org/

Rahina, Y., Palgunandi, I. N. P. T., & Putri, N. N. P. P. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Poli Gigi Puskesmas Abiansemal I Badung. BDSE_e-Journal.Unmas.Ac.Id.

Seligman, L. D., Hovey, J. D., Chacon, K., & Ollendick, T. H. (2017). Dental anxiety: An understudied problem in youth. In Clinical Psychology Review (Vol. 55, pp. 25–40). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2017.04.004

Verrett, C., & Wittenberg, B. M. (2021). How can child life specialists help address dental fear and anxiety in children?: A review. In Pediatric Dental Journal (Vol. 31, Issue 3, pp. 216–223). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.pdj.2021.08.001

WHO. (2021). Global Patient Safety Action Plan 2021-2025: towards eliminating avoidable harm in health care. Geneva: World Health Organization.

WHO. (2025). WHO 3 rd European Autumn School on Quality of Care and Patient Safety. Geneva: World Health Organization.

Unduhan

Diterbitkan

23-12-2025

Cara Mengutip

Multia Ranum Sari, Zakaria, A., Manampin Siahaan, S. ., & Ramadhani Kusumastiti, A. (2025). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSGM IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 6(2), 175–183. https://doi.org/10.54973/jham.v6i2.814