PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN

Penulis

  • Putri Giovaningrum STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Andra Fristasya Mahasiswa STIKes Awal Bros Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v1i2.216

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Abstrak

Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pengguna jasa untuk menjalin ikatan hubungan dengan penyedia layanan jasa. Dalam waktu jangka panjang maka ikatan seperti memungkinkan penyedia jasa dapat memahami harapan pelanggan. Menurut data Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, jumlah rumahsakit di Indonesia per Mei 2012 sudah mencapai 1.959 unit. Rumah sakit pemerintahsebanyak 785 atau lebih dari 50% merupakan rumah sakit swasta. Tren kenaikan jumlahrumah sakit yang semakin tahun semakin bertambah mengindikasikan bahwa rumah sakitharus mampu bersaing. Oleh karena itu rumah sakit yang telah berdiri dan beroperasi saatini harus mampu menciptakan dan mempertahankan pelayanan kesehatan rumah sakityang berkualitas bagi pelanggannya agar tidak berpindah ke rumah sakit lainnya.Metode : Literature Review dilakukan berdasarkan issue, metodologi. Dari 2 penelitian yang digunakan 1 diantaranya menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pasien dirumah sakit

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-20

Cara Mengutip

Giovaningrum, P., & Fristasya, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 1(2), 33–35. https://doi.org/10.54973/jham.v1i2.216