KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT SELASIH KABUPATEN PELALAWAN

Penulis

  • Mey Sarah Azhari STIKes Awal Bros Pekanbaru
  • Lilik Istikhairyah STIKes Awal Bros Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v2i1.218

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Abstrak

Pelayanan kesehatan merupakan bagian integral dari rumah sakit, yang mempunyai posisi sangat strategis dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan konsumen yang datang ke rumah sakit. Tujuan sistematik review ini dibuat adalah untuk mengetahui gambaran mengenai hubungan antara caring dan komunikasi terapeutik dengan kualitas pelayanan di Rumah Sakit. Metode yang digunakan dengan pencarian data base artikel terdiri dari studi kuantitatif yang dikumpulkan dari basis data base scholar terbitan tahun 2015-2020. Hasil menunjukkan bahwa caring baik sehingga pasien merasa puas dan komunikasi terapeutik baik sehingga pasien merasa puas terhadap kualitas yang diberikan dalam pelayanan kesehatan. Kesimpulan kualitas pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap frekuensi tingkat kepuasan pasien semakin baik kualitas pelayanan kesehatan maka semakin baik pula frekuensi tingkat kepuasan pasien. Maka,ada hubungan yang signifikan antara caring dan komunikasi terapeutik dengan kualitas pelayanan keperawatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-20

Cara Mengutip

Azhari, M. S. ., & Istikhairyah, L. (2020). KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT SELASIH KABUPATEN PELALAWAN. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 1(2), 36–39. https://doi.org/10.54973/jham.v2i1.218