ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANJANG

Penulis

  • Bobi Handoko Awal Bros University
  • Shelly Angella Awal Bros University
  • cindi febriani pramita Awal Bros University

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v4i1.286

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pasien Lanjut Usia

Abstrak

Kualitas pelayanan dikatakan baik jika pelayanan yang diberikan sesuai atau lebih dari harapan pasien sehingga dikatakan memuaskan.Sebaliknya, pelayanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pasien dapat membuat pasien tidak merasa puas. Di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang , 3 dari 7 pasien lanjut usia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Lanjut Usia di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain descriptive, dilaksanakan di Puskesmas Kebun Sikolos dengan jumlah responden 51 orang pasien lanjut usia. Penelitian ini menggunakan kuisoner dan pengolahan data,uji univariat, uji normalitas, uji linearitas, dan uji bivariat.

Hasil penelitian dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien lanjut usia puas tinggi dengan range nilai 92,2%. Dapat dikatakan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik.Pada penilaian pelayanan menggunakan lima dimensi, sebagian besar pasien lanjut usia menilai baik pada dimensi Kehandalan (Reability) dengan range 64,7%, Ketanggapan (Responsiveness) dengan range 47,1%, Jaminan (Assurance) sebesar 41,2%, dan Empati (Empathy) sebesar 68,6% . Namun pada variabel Bukti Fisik (Tangible) mayoritas pasien lanjut usia menilai kurang dengan range 52,9%. Kesimpulan penelitian dikatakan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Kebun Sikolos baik dapat dibuktikan dengan kepuasan pasien lanjut usia yang tinggi. Disini dikatakan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adawiyah, R. (2015). Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Skripsi Strata Satu, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Anita, B & Febriawati, Yandrizal.2019. Puskesmas Dan Jaminan Kesehatan Nasional.Sleman.CV Budi Utama.

Badan Pusat Statisik. 2017. Maret 2018: Statistik Penduduk Lanjut Usia 2017. Diakses 1 Februari 2022, Jam 16:50

Badan Pusat Statistik. 2018. Desember 2021: Statistik Penduduk Lanjut Usia. Diakses 1 Februari 2022, Jam 16:15

Bunga, S (2021). Pengaruh Kerja di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Petugas Administrasi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achamad Provinsi Riau.Proposal, STIKes Awal Bros Pekanbaru, Pekanbaru.

Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang. 2018. Keputusan Kepala UPTD Puskesmas Kebun Sikolos Nomor 800 tentang Uraian Tugas UPTD Puskesmas Kebun Sikolos. Padang Panjang: Dinkes

Efridayanti (2021).Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskemas Aek Batu. Sumatera Utara. Repository UIN Sumatera Utara

Hakim, Lukman Nul. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang Kesejahteraan Lanjut Usia. Jurnal masalah-masalah sosial.

Irmawati, S., Sultah. H., Nurhanis. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu.e journal katalogis.

Jalilah, Nurul Hidayatun., Puspitasari, Ruly. 2021. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Indramayu. CV. Adanu Abimata

Kemenkes RI. 2014. Keputusan Mentri Kesehatan tentang Lanjut Usia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2019. Keputusan Mentri Kesehatan tahun 2019 tentang Puskesmas. Kementrian Kesehatan RI.

Kusmiati, E. (2012). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Lanjut Usia Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Lembang Kabupaten Bandung Barat. e journal STIKes Santo Borromeus.

Mu’ah, Masram. 2014. Loyalitas Pelanggan. Sidoarjo. Zitama Publisher

Prapitasari, R. & Jalilah, N. 2020. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jawa Barat. CV Adanu Abimata

Peraturan Pemerintah Kesehatan RI. 2016. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang sarana pelayanan kesehatan. Permenkes RI

Peraturan Pemerintah Kesehatan RI. 2014. Undang-Undang Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 tentang Puskesmas. Permenkes RI

Peraturan Pemerintah Kesehatan RI. 2015. Undang-Undang Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2015 tentang Pelayanan kesehatan. Permenkes RI

Peraturan Pemerintah Kesehatan RI. 2016. Undang-Undang Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2016 tentang lanjut usia. Permenkes RI

Peraturan Pemerintah Kesehatan RI. 2019. Undang-Undang Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia tentang Puskesmas. Permenkes RI

Radito, A (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas.Jurnal Ilmu Mmanajemen, Volume 11, Nomor 2.

Rireja, J. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagian Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun.Skripsi starata satu, STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun, Madiun.

Sudirman.2016. Kualitas Pelayanan Rumah Sakit.Yogyakarta.PT Leutika Nouvalitera.

Sujarweni,V Wiratni . Utami, Lila Retnani.(2019). The Master Book Of SPSS Pintar Mengolah Data Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Yogyakarta, Start Up

World Health Organization. 2013. Klasifikasi Kategori Umur. World Health Organization.Https://www.who.int. Diakses pada Februari 2022

Wowor, H., Liando, D & Rares, J. (2016).Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan.Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan.

Yustisia, B. (2017). Kualitas Pelayanan Puskesmas dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia.Skripsi strata satu, STIKes Insan Cendekia Medika, Jombang.

Yufrizal, M., Renaldi, F., Umbara, F. (2017).Sistem Informasi Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 (Puskesmas) Terintegrasi Kota Cimahi.SENASK.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-10

Cara Mengutip

Handoko, B. ., Angella, S., & pramita, cindi febriani. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANJANG. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 4(1), 12–18. https://doi.org/10.54973/jham.v4i1.286