PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.54973/jham.v3i2.294Kata Kunci:
Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah SakitAbstrak
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan suatu tingkatan yang menunjukkan kesempurnaan pelayanan kesehatan yang mampu menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien yang mendapatkan pelayanan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Kepuasan akan terpenuhi apabila semakin baik kualitas pelayanan maka pasien akan semakin merasa puas dan terus kembali untuk mendapatkan pelayanan dari waktu ke waktu, karena pelayanan yang baik mampu memberikan kepuasan kepada pasien yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan kuisioner. Responden pada penelitian ini ialah pasien yang telah mendapatkan pelayanan pendaftaran rawat jalan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Hasil penelitian mendapatkan total 100 responden. Hasil analisis menunjukkan semua indicator kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty) memiliki pengaruh positif pada kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Terdapat dua variabel indikator kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, yang diantaranya indikator Assurance 48,6% dan Tangible 24,3% dan menunjukkan bahwa 63,6% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit, Sehingga dapat disimpulkan kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit di instalasi rawat jalan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien