HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KESEHATAN DI RSUD SELASIH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2015

Penulis

  • marian tonis STIKes
  • Ricky Wiranata STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v1i1.49

Kata Kunci:

Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, satification

Abstrak

Kepuasan merupakan indikator kunci dari standar fasilitas kesehatan, yang merupakan ukuran pelayanan pasien. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak pada jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi provitabilitas fasilitas kesehatan. Berdasarkan data RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dapat diketahui Angka Pekerjaan Tempat Tidur (BOR) tahun 2014 adalah 68,57%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelayanan Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Pelalawan Tahun 2015. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional (cross sectional) responden adalah pasien rawat inap pada bulan Juni 2015. Seluruh sampel penelitian adalah pasien sebanyak 88 orang, dengan pengambilan sampel purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-square, alat ukur yang digunakan adalah angket dan pengolahan data menggunakan komputerisasi. Hasil yang diperoleh adalah korelasi nyata antara kepuasan di RSUD Selasih kerinci basis dengan hasil pvalue = 0,000 0,05, ada hubungan reliabilitas dengan kepuasan di RSUD selasih kerinci dengan hasil pvalue = 0,000 0,05 korelasi respon dengan kepuasan di RSUD selasih basis kerinci dengan hasil pvalue = 0,000 0,05, ada hubungan dengan jaminan kepuasan di RSUD Selasih basis kerinci dengan hasil pvalue = 0,000 0,05, ada hubungan empati dengan kepuasan pada RSUD Selasih kerinci basis dengan hasil pvalue = 0,000 0.05

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

tonis, marian, & Wiranata, R. (2020). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KESEHATAN DI RSUD SELASIH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2015. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 1(1), 44–53. https://doi.org/10.54973/jham.v1i1.49