HUBUNGAN WAKTU TUNGGU RAWAT INAP DARI UNIT GAWAT DARURAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM TAHUN 2019

Penulis

  • Yulianti Wulandari
  • Rizki Sari Utami STIKes Awal Bros Batam
  • Prasetyo STIKes Awal Bros Batam

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v1i1.53

Kata Kunci:

Unit Gawat Darurat, waktu tunggu, kepuasan pasien

Abstrak

Unit Gawat Darurat adalah unit pelayanan di Rumah Sakit yang harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar tujuan pelayanan gawat darurat tercapai dan sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Waktu tunggu merupakan masalah yang masih sering dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan. Waktu tunggu merupakan salah satu aspek dari dimensi kualitas pelayanan, apabila waktu tunggu dikelola dengan baik maka akan diperoleh kepuasan pelanggan. Di Rumah Sakit Awal Bros Batam, waktu tunggu menjadi elemen prioritas yang penting karena pasien dapat merasa tidak puas dengan pelayanan karena menunggu terlalu lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat inap di Instalasi Gawat Darurat RS Awal Bros Batam Tahun 2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap dari Unit Gawat Darurat yang diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 186 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rekam medis elektronik untuk waktu tunggu sedangkan untuk mengetahui kepuasan pasien diperoleh dengan pemberian kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden sebanyak 165 orang (88,7%), sedangkan untuk kepuasan pasien sebagian besar sangat puas dengan pelayanan sebanyak 140 orang (75,3%), dan terdapat hubungan yang cukup antara waktu tunggu dengan waktu tunggu. kepuasan pasien rawat inap Unit Gawat Darurat RS Awal Bros Batam tahun 2019 (p 0,000 < 0,05). Pasien dengan waktu tunggu yang tepat memiliki tingkat kepuasan yang lebih besar. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperdalam aspek-aspek yang mempengaruhi waktu tunggu dan kepuasan pasien serta solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Wulandari, Y., Utami, R. S., & Prasetyo. (2020). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU RAWAT INAP DARI UNIT GAWAT DARURAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM TAHUN 2019. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 1(1), 38–43. https://doi.org/10.54973/jham.v1i1.53