ANALISIS KEPATUHAN PASIEN BPJS KESEHATAN DALAM PROSEDUR PELAYANAN RUJUKAN DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU TAHUN 2023

Penulis

  • Lestari Aulia Ningsih Hang Tuah Pekanbaru University

DOI:

https://doi.org/10.54973/jham.v6i1.609

Kata Kunci:

Sistem Rujukan, Administrasi, Prosedur, Kualitas Pelayanan

Abstrak

​​ Sistem Rujukan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Dalam sistem pelayanan administrasi, untuk penanganan pasien BPJS sendiri memiliki alur tertentu dimana menjadi pemisah antar sistem administrasi bawaan rumah sakit dan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepatuhan Pasien BPJS Kesehatan Dalam Prosedur Pelayanan Rujukan BPJS Di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan 7 informan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September tahun 2023. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa sebagian besar Pasien atau keluarga pasien sudah mengikuti dan patuh alur, persyaratan BPJS Kesehatan, namun ada juga yang belum patuh terhadap alur dan persyaratan BPJS Kesehatan. Untuk sistem rujukan BPJS Kesehatan berjalan dengan optimal sesuai dengan aturan sistem rujukan bpjs kesehatan dan Pelayanan Petugas pendaftaran sudah sesuai dengan SOP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andiaswaty, Heni. 2019. Analisis Pelaksanaan Rujukan Pasien Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Padang matinggi Kota Padang sidimpuan Tahun 2019. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1084

BPJS Kesehatan. 2014. Panduan Praktis Rujukan Berjenjang BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan

Hartini, dkk. 2016. Analisis Pelayanan Rujukan Pasien Bpjs Di Rsud Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Universitas Diponegoro. http://ejournal-s1.unpid.ac.id/index.php/jkm diakses 10 Juni 2023

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No. 001 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan. Jakarta. 2012.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Undang-undang RI Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kementrian kesehatan

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Kementrian Kesehatan

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan

Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Sugiyono. (2017).

Utama, S. (2015). Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.

Unduhan

Diterbitkan

02-06-2025

Cara Mengutip

Ningsih, L. A. (2025). ANALISIS KEPATUHAN PASIEN BPJS KESEHATAN DALAM PROSEDUR PELAYANAN RUJUKAN DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU TAHUN 2023. Journal of Hospital Administration and Management (JHAM), 6(1), 11–18. https://doi.org/10.54973/jham.v6i1.609